Kenapa Kita Suka Terbangun Tiba-Tiba?

Kenapa Kita Suka Terbangun Tiba-Tiba?

 

Wingamers.com - Kenapa kita suka terbangun tidur tiba-tiba? Fenomena ini disebut hypnic jerk yakni sejenis kram otot yang bisa terjadi pada siapapun. Seperti dilansir QZ, Carl Bazil, M.D. Ph.D., direktur dari Sleep Disorders Center at New York–Presbyterian/Columbia University Medical Center mengatakan bahwa dia tidak tahu penyebab pastinya namun bisa jadi semacam "perseteruan" saraf di otak yang ingin tidur dan terbangun.

Ini terjadi di masa transisis tidur. Fenomena ini tidak membahayakan kesehatan namun diteliti oleh banyak dokter. Dalam beberapa kasus, hal ini diikuti susah tidur. Apalagi jika merokok dan minum kopi sebelum tidur. Ini akan mempersulit tidur.

Sebaiknya jangan minum kopi sebelum tidur. Bagaimana dengan reflex kepala terbangun kalau tertidur saat duduk? Itu tidak berbahaya sebab hanya menyadarkan saja. Para ahli mengatakan bahwa ini hasil dari reflex hasil evolusi ketika leluhur manusia masih tinggal di ranting pohon. Tidur berkualitas memang penting dan jangan sampai melakukan kegiatan atau makan makanan yang merusak tidur.