Kenapa Kulit Siku dan Lutut Bisa Menghitam? Dan Bagaimana Mengatasinya?
ilustrasi

Kenapa Kulit Siku dan Lutut Bisa Menghitam? Dan Bagaimana Mengatasinya?

Minggu, 21 Feb 2021 | 07:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Memiliki lutut hitam bagi sebagian wanita jelaslah sangat mengganggu penampilan, terlebih untuk mereka yang gemar menggunakan celana pendek atau rok di atas lutut.

Bahkan menurut salah satu penelitian di mana ada sejumlah laki-laki yang ditanya tentang daya tarik mereka pada perempuan, disimpulkan bahwa mereka sangat tertarik dengan wanita yang memiliki kulit lutut dan siku berwarna cerah.

Hal tersebut tak jarang membuat sebagaian wanita merasa kurang percaya diri.

Apa penyebab lutut hitam?

Lutut dan siku merupakan daerah yang lebih gelap dari pada yang lain karena daerah ini adalah area tubuh yang sering mengalami gesekan. Berikut beberapa kemungkinan penyebab memiliki lutut dan siku yang gelap:

  • Efek penuaan – kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa dan lansia. Timbulnya bintik gelap pada lutut dan siku berhubungan dengan penuaan.
  • Adanya gesekan – Dalam aktivitas sehari-hari  siku dan lutut sering mengalami gesekan, hal ini menyebabkan penggelapan kulit bahkan tak jarang kulit menjadi kering.
  • Faktor genetik – Bintik gelap pada lutut dan siku adalah suatu kondisi yang cenderung diturunkan dari faktor keluarga. Jika orang tua atau anggota keluarga dekat memiki lutut dan siku gelap tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut di wariskan dari mereka.
  • Tidak menjaga kebersihan – lutut dan siku harus rutin dibersihkan setiap hari menggunakan produk perawatan kulit. Jika tidak, bintik-bintik gelap dan kulit kering bisa muncul di bagian-bagian tubuh lainnya.
  • Paparan matahari – Gunakan tabir surya pada kulit Anda jika ingin melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Tanpa perlindungan,  bagian siku dan lutut Anda kemungkinan akan semakin menghitam karena terkena paparan matahari.
  • Kulit kering –  Kulit kering dapat menyebabkan sel-sel kulit Anda lebih cepat mati, sehingga membuat bintik-bintik gelap lebih cepat terbentuk pula.
  • Penyebab lainnya – Ada beberapa hal lain yang dapat berkontribusi pada pembentukan bintik-bintik gelap pada siku dan lutut di antaranya adalah mengonsumsi obat-obat tertentu, gejala penyakit tertentu (obesitas, sindrom Addison, dll.), ketidakseimbangan hormon, dan hiperpigmentasi kulit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...