Kenapa Orang Indonesia Bertubuh Pendek?

Kenapa Orang Indonesia Bertubuh Pendek? Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Anda mungkin pernah berpikir, mengapa orang Indonesia cenderung pendek. Apalagi jika dibandingkan dengan orang-orang dari negara lain--terutama di barat--yang terlihat begitu tinggi.

Orang Indonesia yang termasuk ras Mongoloid, memang memiliki ciri khas tubuh lebih pendek. Meski merupakan sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengategorikan manusia, rupanya ras tidak berpengaruh kepada pertumbuhan fisik manusia.

Menurut Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Peneliti Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi Pangan dan Pertanian Asian Tenggara Institut Pertanian Bogor, tinggi badan lebih dipengaruhi oleh faktor asupan makanan dan minuman selama masa pertumbuhan anak.

Dodik menyatakan bahwa data dari Kementerian Kesehatan RI menyebutkan, pada usia 0-6 bulan, pertumbuhan anak Indonesia setara dengan pertumbuhan anak ras Kaukasoid yang umumnya tersebar di Eropa, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru.

Kondisi itu berlaku tak hanya bagi masyarakat Indonesia dengan pendapatan tinggi, masyarakat berpendapatan rendah pun punya nilai pertumbuhan yang sama dari asupan ASI.

"Pada saat 0-6 bulan, saat anak Indonesia mendapat asupan ASI saja, maka pertumbuhannya sama dengan pertumbuhan anak bule, ras kaukasoid. ASI itu cukup dan genetiknya bagus," kata Dodik dalam diskusi Mari Menjadi Ibu Melek Nutrisi Demi Wujudkan Generasi Emas 2045.

Bila ingin si kecil tumbuh lebih tinggi, ada beberapa makanan yang bisa diberikan pada anak. Selain untuk meningkatkan tinggi badan, makanan berikut ini juga bisa membuat anak lebih kuat.

1. Telur. Protein dalam telur adalah nutrisi yang memainkan peran terbesar dalam meningkatkan tinggi anak. Anak bisa makan telur setiap hari dengan olahan yang berbeda.

2. Susu. Susu mengandung kalsium yang sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan juga kekuatan. Pastikan anak minum susu setiap hari atau bisa dengan membuat makanan berbahan susu.

3. Kedelai. Berikan anak kedelai yang kaya akan protein. Kedelai bisa memperbaiki pertumbuhan tulang dan otot.

4. Oatmeal. Makanan super ini kaya akan protein dan memiliki kadar lemak rendah. Ini adalah salah satu makanan paling sehat.

5. Ayam. Masakan aneka ayam selalu dicintai oleh anak-anak. Ini adalah daging yang sehat dan kaya akan protein.

6. Bayam. Bayam adalah sayuran super yang tidak hanya akan memberi anak-anak kekuatan yang mereka butuhkan, tapi juga memberi mereka zat besi dan kalsium. Kedua nutrisi ini penting untuk memastikan anak tumbuh tinggi.

7. Wortel. Sayuran yang kaya akan vitamin A yang membantu dalam sintesis protein dalam tubuh. Wortel mentah memiliki kandungan vitamin tertinggi, Anda bisa memberikan anak jus wortel segar setiap hari.

8. Buah-buahan. Buah yang kaya vitamin A seperti mangga, melon, dan persik akan membantu anak-anak Anda tumbuh lebih tinggi dan memperkuat tulang.

9. Biji-bijian utuh. Berikan anak biji-bijian utuh, seperti roti gandum dan sereal karena kaya akan vitamin B dan zat besi.

10. Yoghurt. Sumber vitamin D dan kalsium ini baik untuk pertumbuhan. Namun, bila anak tak suka karena rasanya asam, bisa juga memberinya keju yang juga kaya akan protein, kalsium dan vitamin D.

Bagi yang telah berusia di atas 21 tahun, bukan mustahil untuk bertambah tinggi. Syarat utamanya adalah dengan istirahat cukup.

Mandi air hangat dan rajin berolahraga juga bisa menciptakan kondisi yang bisa membantu Anda mengembangkan hormon pendukung tinggi badan.

Dalam beberapa kasus, dokter juga dapat memberi Anda perawatan hormon pertumbuhan yang dapat dilakukan untuk membantu merangsang pertumbuhan jika sesuai.

Selain itu, kebiasaan makan sehat juga bisa menambahkan tinggi badan. Makanlah tepat waktu dan mendapatkan nutrisi yang tepat.

Konsumsilah makanan yang kaya akan kalsium, vitamin D, protein, dan seng sehingga tubuh Anda memiliki segala kebutuhan untuk membangun lebih banyak tulang dan otot.

Anda bisa menambahkan suplemen vitamin C pada makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena beberapa penyakit dapat mengurangi tinggi badan Anda.

Mempraktikkan postur tubuh yang baik dapat membantu memaksimalkan tinggi badan, sehingga Anda terlihat lebih tinggi dan lebih ramping. Dalam beberapa kasus, melakukan latihan peregangan tulang belakang juga dapat membantu Anda mendapatkan 2 hingga 5 cm tambahan jika dilakukan secara teratur.