(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kenapa Pori-Pori Membesar?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Kenapa Pori-Pori Membesar?
WinNetNews.com - Pori-pori yang besar bukan hanya memicu komedo dan jerawat, tapi juga dapat mengurangi rasa percaya diri saat kencan. Lantas, apa penyebab pori-pori semakin membesar?

Sebelumnya, penelitian yang dilakukan L'Oreal Paris mengungkap kekhawatiran individu terhadap pori-pori besar atau disebut dermatologis sebagai porexia. Mereka inilah yang sangat terobsesi dengan pori-pori kecil. Apa pun dilakukan demi mengecilkan pori-pori mulai dari peeling hingga penggunaan produk khusus.

 

Namun perlu diketahui, sebelum Anda menggunakan produk atau tindakan tertentu, sebaiknya perhatikan penyebab pori-pori yang membesar, seperti dikutip Womenshealthmag, berikut ini:

1. Salah facial

Maksud hati ingin membersihkan pori-pori, tapi bila tidak dilakukan oleh pihak yang tepat, pori-pori akan semakin membesar. Untuk itu, menurut dermatolog dari New York City, Macrene Alexiades-Armenakas, MD, PhD, pastikan melakukan facial dengan ahli estetika berpengalaman sehingga bukan hanya mengangkat kotoran yang menyumbat pori namun juga tidak menyebabkan skar pada wajah.

"Tindakan trauma seperti facial yang salah dapat menyebabkan trauma pada wajah sehingga mengembangkan jaringan parut (bopeng) yang menciptakan lekukan lebih dalam dari pori," kata asisten profesor klinis dermatologi di USC Keck School of Medicine, Sonia Batra, MD, MPH.

 

2. Salah membersihkan wajah

Pembersih wajah dengan scrub cenderung tidak cocok bagi wajah berminyak atau berjerawat. Untuk itu, pembersih wajah yang disarankan untuk semua jenis wajah adalah susu pembersih, dan sabun wajah kemudian baru menggunakan toner agar kotoran dan sel-sel mati terangkat.

 

3. Pernah memiliki jerawat sejak remaja

Ini adalah alasan yang paling sering dialami. "Menjaga kebersihan kulit seharusnya sudah sejak remaja karena kelenjar sebaceous yang membesar akan sulit menyusut dengan baik, bahkan ketika tidak menghasilkan banyak minyak lagi," jelas Profesor klinis dermatologi di New York University Langone Medical Center, Elizabeth Hale, MD.

 

4. Penggunaan make up sejak remaja

Ide untuk menyembunyikan jerawat dengan make up benar-benar akan membesarkan pori-pori. Menurut Hale, bahan kimia dalam bedak itu akan menempel pada wajah selama berjam-jam dan memicu jerawat hingga menyebabkan pori-pori yang membesar.*

(seperti dilansir Liputan 6)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});