Kenapa Sih Kalau Makan Keripik Itu Berisik?
Foto: Istimewa

Kenapa Sih Kalau Makan Keripik Itu Berisik?

Selasa, 8 Mei 2018 | 09:03 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Siapa sih yang gak suka makan keripik? Makanan ringan nan tipis ini biasanya terbuat dari kentang atau singkong. Ada berbagai varian rasa yang bikin ketagihan, seperti keju, BBQ, atau original. 

Tapi saat makan keripik, ada suara berisik yang berasal dari mulut. Kamu gak akan bisa tenang kalau makan keripik. Tapi kenapa bisa begitu berisiknya sih? Apa karena renyahya keripik tersebut? 

Jawabannya bisa iya dan tidak. Menurut seorang ilmuwan terkemuka, produsen sengaja membuat makanan keras, karena keripik yang dibuat masih lebih segar. Itu yang menyebabkan makan keripik menjadi lebih berisik. 

Dalam eksperimen keripik "rasa sonik", Charles Spence, seorang profesor psikologi eksperimental di Universitas Oxford mengatakan kalau orang makan keripik sambil pakai headphone, maka suaranya tidak terdengar. Banyak yang melaporkan bahwa makanan ringan terasa lebih biasa dan kenyal saat telinga mereka tertutup.

Profesor itu menyimpulkan bahwa suara, dan juga bau, memainkan sebagian besar peran dalam kenikmatan makanan kita.

"Suara makanan itu penting. Suara dimasalah kemasan dan suara atmosfer itu penting." katanya.

"Suara kemasan di mana makanan, seperti keripik dapat mempengaruhi kenikmatan kita. Dan itu akan kita alami setelah kita makan keripik yang selanjutnya. Kapan pun kita mendengar bunyi deru renyah, rasa ingin makan terus akan muncul secara otomatis." katanya.

Efek ini, menurutnya, adalah sesuatu yang dimanfaatkan pembuat chip untuk keuntungan mereka.

Jadi, sudah tahu belum mengapa kalau makan keripik itu berisik? Atau kamu malah ingin makan keripik? hehehe

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...