Kenapa Sih Seseorang Bisa Berbohong? 
Foto: Everyday Health

Kenapa Sih Seseorang Bisa Berbohong? 

Selasa, 8 Mei 2018 | 15:54 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Mungkin kamu sering bertanya, kenapa seseorang bisa berbohong. Padahal dengan berbohong, mereka bisa saja menyakitimu, kan? Mungkin alasan berikut bisa menjawab rasa penasaranmu.

Ya, itu bisa saja benar. Tapi ada juga alasan di balik mengapa orang berbohong, dan perbedaan jenis kebohongan yang diceritakan orang, baik dalam upaya menyelamatkan muka, melindungi orang yang dicintai, atau melayani keinginan dan atau keinginan mereka sendiri.

Menurut Psychology Today , ada dua jenis kebohongan, masing-masing sesuai dengan tujuan mereka kepada orang yang memberi tahu mereka. Dan inilah alasan mengapa seseorang berbohong:

1. Melayani diri sendiri

Psychology Today saat ini mencatat dua jenis kebohongan, yang pertama adalah melayani diri sendiri. Kebohongan yang melayani diri diperintahkan untuk menyelamatkan muka, membuat diriimu tampak lebih baik atau lebih sukses dari sebelumnya, atau untuk memajukan dirimu dengan cara tertentu, seperti di tempat kerja.

National Geographic melaporkan bahwa pembohong yang melayani diri sendiri lebih umum daripada yang kamu pikirkan. Majalah tersebut melakukan penelitian. Peneliti menemukan bahwa orang yang berbohong rata-rata satu atau dua kali sehari. Sebagian besar ketidakbenaran ini dimaksudkan untuk menutupi kekurangan atau untuk melindungi perasaan orang lain. Dan beberapa kebohongan adalah alasan.

Periset menduga bahwa kebohongan sama tuanya dengan bahasa, dan lebih disukai daripada kekerasan fisik sebagai alat untuk mendapatkan kontrol terhadap orang lain.

"Berbohong sangat mudah dibandingkan dengan cara lain untuk mendapatkan kekuasaan," Sissela Bok, seorang ahli etika di Harvard University mengatakan kepada National Geographic.

2. Berbaik hati, tapi dengan hati-hati

Pernah gak kamu mengatakan kepada seseorang kalau kamu menyukai pakaian mereka, tapi sebenarnya kamu gak menyukainya. nah ini disebut kebohongan baik hati, dan mereka sering diberitahu untuk mencegah perasaan seseorang.

Psychology Today mencatat bahwa kebohongan baik hati kemungkinan besar dilakukan antara wanita, dan diceritakan dengan maksud membuat orang lain terlihat lebih baik atau merasa lebih baik, atau untuk menyembunyikan mereka dari rasa malu, hukuman, atau kesalahan, agar mereka tidak sakit hati.

Hampir semua orang telah mengatakan kebohongan yang baik hati, setidaknya sekali dalam hidup mereka.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...