Skip to main content

Kenapa Terjadi Perbedaan Awal Bulan Ramadhan di Indonesia?

Kenapa Terjadi Perbedaan Awal Bulan Ramadhan di Indonesia?

WinNetNews.com - Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada 27 Mei 2017. Yang menarik di indonesia perhitungan 1 Ramadhan dan 1 Syawal (lebaran) terkadang memiliki perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah. Lalu apa yang menjadi penyebab bedanya waktu hari raya antara pemerintah dan Muhammadiyah?

Ada dua cara perhitungan yang biasa dilakukan untuk menentukan 1 Ramadhan dan 1 Hijriah, yakni melalui Hisab dan Rukyat. Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan awal bulan di kalender Hijriyah. Kemudian cara yang kedua adalah cara menentukan awal bulan pada kalender Hijriyah dengan menggunakan metode pengamatan visabilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtima' (konjungsi).

Rukyat bisa dilakukan dengan mata telanjang tanpa bantuan alat optik (teleskop). Rukyat biasanya dilakukan setelah matahari terbenam, dan biasanya hilal baru akan nampak setelah matahari terbenam, atau sekitar waktu magrib. Jika di waktu magrib hilal belum terlihat, maka awal bulan akan ditetapkan pada magrib di hari keesokannya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top