(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kencing Kamu Bau Menyengat? Mungkin Ini Yang Terjadi Pada Kamu

Oky
Oky

Kencing Kamu Bau Menyengat? Mungkin Ini Yang Terjadi Pada Kamu sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Apakah Anda merasa jika bau kencing Anda terlalu menyengat? Bisa jadi hal tersebut menandakan bahwa Ada mengalami suatu kondisi atau gangguan kesehatan tertentu. Tapi, sebenarnya bau kencing yang normal itu seperti apa? apa yang terjadi jika bau kencing tidak normal?

Sebenarnya, bau kencing yang normal itu seperti apa?

Wajar jika semua kencing memiliki bau yang kurang sedap, karena dalam air seni tersebut terkandung berbagai zat-zat buangan hasil metabolisme tubuh. Salah satu zat yang membuat kencing bau adalah kandungan amonia. Namun, seharusnya dalam keadaan yang normal, kencing tak akan mengeluarkan bau yang kuat. Bila kencing Anda memiliki bau yang kuat, maka bisa jadi Anda mengalami beberapa gangguan medis, seperti:

1. Dehidrasi

Jika tiba-tiba kencing Anda mengeluarkan bau yang menyengat dan berwarna kuning pekat, itu tandanya Anda mengalami dehidrasi. Orang yang mengalami dehidrasi berarti tubuhnya sedang mengalami kekurangan cairan dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini tentunya dapat mengganggu fungsi tubuh.

Selain kencing yang bau dan memiliki warna yang pekat, kondisi dehidrasi juga menimbulkan beberapa gejala lain seperti tubuh merasa lelah, mulut kering, kulit kering, sembelit, pusing dan kepala terasa ‘keliyengan’. Apabila Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya langsung minum air putih yang cukup dan segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

2. Infeksi saluran kencing

Infeksi  saluran kencing dapat membuat kencing Anda berbau menyengat dan tak seperti biasanya. Bau yang kurang sedap ini bisa disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di dalam saluran sehingga membuat Anda terinfeksi. Infeksi ini bisa terjadi pada uretra (saluran yang menghubungkan antara ginjal dan kandung kemih), kandung kemih, dan ginjal. Beberapa gejala lain yang muncul jika Anda mengalami infeksi ini yaitu nyeri saat buang air kecil, mengalami demam, mual, muntah, dan meriang.

3. Gangguan metabolik

Gangguan metabolik merupakan gangguan tubuh yang terjadi ketika proses metabolisme berlangsung. Proses metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat gizi agar dapat digunakan dengan mudah oleh jaringan-jaringan tubuh. gejala lain yang terjadi saat mengalami gangguan metabolik adalah penurunan berat badan yang ekstrim, tidak nafsu makan, mual, muntah, bahkan hingga koma.

4. Diabetes yang tak terkontrol

Kencing bau dapat menjadi tanda dari diabetes yang tak terkontrol. Tak terkontrol di sini maksudnya adalah orang tersebut tak mengendalikan dengan baik kadar gula darahnya, sehingga menimbulkan komplikasi dan masalah bagi tubuh. Ketika kadar gula darah sedang tinggi, bau kencing berubah menjadi berbau manis dan seperti buah.

Beberapa kondisi lain yang menyebabkan kencing berbau menyengat

Selain gangguan kesehatan, bisa jadi bau yang menyengat dari air seni Anda disebabkan oleh beberapa kondisi fisik yang wajar, seperti:

1. Sedang masa ovulasi.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa perempuan yang sedang memasuki masa subur memiliki bau kencing yang lebih menyengat. Hal ini disebabkan karena hormon memengaruhi kandungan amonia dalam urin, sehingga urin menjadi lebih bau.

2. Sedang hamil.

Tak hanya sekadar ovulasi saja, jika Anda sedang hamil, hormon kehamilan juga dapat memengaruhi bau kencing Anda, terutama pada trimester pertama.

3. Sedang mengonsumsi suplemen atau vitamin.

Jangan panik dulu bila urin Anda berubah baunya, sebab bisa saja hal tersebut diakibatkan karena suplemen atau obat yang sedang Anda konsumsi saat ini. Zat yang ada di dalam obat atau suplemen dapat memengaruhi bau kencing Anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});