Kendalikan Nafsu Makan dengan Buah Pir

Kendalikan Nafsu Makan dengan Buah Pir

Ahli gizi menyebutkan bahwa buah pir merupakan makanan kaya gizi. Sayangnya, manfaat kesehatan buah pir sering diremehkan.

Padahal, memakan pir bisa membantu Anda dalam mengendalikan nafsu makan dan menghentikan kegemaran mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Pir sarat nutrisi penting, serat, dan antioksidan yang membantu melawan kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Faedah lainnya dari makan buah pir yang patut Anda ketahui ada di bawah ini.

1. Baik untuk jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Studi mengklaim bahwa pada tahun 2020, penyakit jantung akan menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Percaya atau tidak, memakan pir sehari bisa menjaga Anda dari serangan jantung dan stroke. Sebab, pir memiliki banyak serat makanan yang membantu menjaga jantung selalu sehat. Selain itu, pir juga membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan, dengan mengonsumsi buah pir setiap hari mampu menurunkan risiko stroke hingga 50 persen.

2. Menyehatkan mata

Kandungan antioksidan dan kadar vitamin yang tinggi, membuat pir menjadi makanan terbaik yang menyehatkan dan melindungi mata. Studi menunjukkan bahwa makan pir setiap hari dapat mengurangi risiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia.

3. Meningkatkan energi dan kemampuan otak

Satu buah pir ukuran sedang mengandung 15 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Kandungan mineralnya menjaga sistem saraf tetap sehat. Tidak hanya itu saja, pir meningkatkan kekuatan otak. Jika Anda merasa lesu di sore hari, camilan buah pir dapat mengembalikan tingkat energi dan membuat Anda kembali bersemangat dalam menjalani aktivitas. Pir merupakan sumber yang sangat baik dari fruktosa dan glukosa yang akan membantu menjaga energi sepanjang hari.

4. Mengendalikan diabetes

Pir memiliki indeks glikemik lebih rendah dari 38. Pir mencegah lonjakan gula darah dan mengontrol kadar glukosa darah. Pir juga dapat membantu menjaga berat badan. Pir rendah kalori dan tinggi nutrisi sehingga mempercepat penurunan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mencegah kanker

Karena kandungan seratnya yang tinggi, buah pir mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara pascamenopause. Selain itu, pir yang tinggi antioksidan dalam bentuk vitamin C akan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas. Satu buah pir ukuran sedang mengandung sekitar 11 persen dari asupan vitamin C yang dianjurkan.

Sebagai bonus tambahan, pir mengandung asam hydroxycinnamic yang membantu mencegah paru-paru dan kanker perut. Karena kulit pir mengandung sebagian besar antioksidan, sangat dianjurkan makan pir beserta kulitnya.

Satu lagi manfaat makan buah pir secara rutin, yaitu membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, menjaga kadar kolesterol sehat, mengurangi peradangan, meredakan demam, dan meningkatkan kesehatan tulang.

Agar tidak bosan, buah pir bisa Anda olah dengan berbagai macam cara. Selain disantap langsung, pir juga enak dijadikan salad atau dibuat menjadi smoot