Kendaraan Melanggar Ganjil Genap akan Dapat Teguran Tertulis

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Kendaraan Melanggar Ganjil Genap akan Dapat Teguran Tertulis
WinNetNews.com - Penerapan uji coba sistem ganjil-genap dalam berlalu lintas di jalur eks 3 in 1 di Jakarta sudah berlangsung hampir sepekan. Pekan pertama diberlakukan masih banyak kendaraan yang melanggar ataupun tidak mengindahkan peraturan baru tersebut. Para petugas kemudian melakukan teguran lisan untuk pelanggar.

Pekan kedua, mulai Rabu 3 Agustus 2016 para pengendara yang masih melanggar akan dikenakan teguran tertulis.

"Minggu pertama uji coba, kita sudah menindak pengendara yang melanggar sistem ganjil-genap. Untuk uji coba minggu kedua ini akan diberlakukan teguran tertulis agar penggedara mobil lebih taat," ujar Panit Gatur Ditlantas Polda Metro Jaya, Ipda Adthia, Senin (1/8).

Sementara untuk tindakan penilangan, polisi belum melakukannya. Sebab penerapan secara resmi baru diberlakukan mulai 30 Agustus 2016. Sistem ganjil - genap sendiri diberlakukan dengan menyesuaikan nomor polisi akhir mobil dengan tanggal. Nomor polisi dengan angka akhir ganjil hanya boleh melintasi jalur eks 3 in 1 pada tanggal ganjil. Nomor polisi genap hanya boleh melintas pada tanggal genap. Pemerintah Provinsi DKI menerapkan sistem ini untuk mengurangi kemacetan. Pemberlakukan sistem ini juga bertujuan untuk mengentaskan joki 3 in 1. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});