Kepala Daerah Baru Bisa Dilantik Akhir Januari Ini

Kepala Daerah Baru Bisa Dilantik Akhir Januari Ini

Selasa, 5 Jan 2016 | 15:24 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sepenuhnya jadwal pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Rencana pelantikan tengah disiapkan.

“Presiden serahkan ke mendagri. Saya sudah persiapkan surat agar penetapan pemenang segera dilakukan, setelah itu baru merencanakan pelantikan,” kata Tjahjo, Selasa (5/1).

Dia menjelaskan, pelantikan akan berlangsung pada akhir Januari. Namun, pelantikan itu khusus bagi pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah (paslon) yang tidak mengajukan sengketa hasil pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

 

“Akhir Januari bagi daerah yang tak ada gugatan,” jelasnya.

Menurutnya, pelantikan daerah yang masih menyisakan sengketa kemungkinan berlangsung Maret 2016. Demikian juga bagi lima daerah yang pilkadanya ditunda. “Yang masih sengketa akhir Maret,” ucapnya.

Dia menambahkan, pelantikan untuk jabatan gubernur dan wakil gubernur akan dilakukan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Dia mengemukakan alasan pelantikan dibagi dalam dua tahap. Salah satunya pimpinan daerah terpilih agar segera bekerja. “Kan kasian yang tidak ada sengketa. Kelamaan pejabat nanti seenaknya sendiri. Kalau Januari dilantik langsung kerja, sehingga penyerapan anggaran baik,” katanya.

(seperti dilansir BeritaSatu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...