Kepala Kesemutan? Mungkin Ini Penyebabnya
ilustrasi

Kepala Kesemutan? Mungkin Ini Penyebabnya

Kamis, 27 Feb 2020 | 07:47 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya kesemutan. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk kepala. Apakah Anda sering mengalami kepala kesemutan? Simak informasi mengenai penyebab beserta cara menghilangkannya berikut ini!

Penyebab Kepala Kesemutan

Kesemutan terjadi ketika ada saraf di area tubuh yang mengalami kondisi ini mengalami tekanan. Atau, bisa juga karena tidak lancarnya aliran darah di area tersebut. Akan tetapi, kesemutan (parestesia) juga bisa menjadi pertanda dari suatu penyakit.

Lantas, bagaimana dengan kesemutan di kepala? Berikut adalah penyebab kepala kesemutan yang perlu Anda ketahui dan waspadai.

1. Sinusitis

Parestesia yang terasa di kepala Anda mungkin disebabkan oleh kondisi yang dinamakan sinusitis.

Sinusitis adalah infeksi yang terjadi pada sinus, yakni sekumpulan rongga yang letaknya di belakang hidung, pipi, dan dahi. Manakala terserang infeksi, sinus akan mengalami pembengkakan dan peradangan.

Pembengkakan dan peradangan sinus tersebut lantas berdampak pada tertekannya saraf yang ada di sekitarnya. Alhasil, muncullah sensasi kesemutan.

2. Migrain

Sakit kepala seperti migrain menjadi penyebab kepala kesemutan selanjutnya yang paling umum. Kondisi ini dipicu oleh adanya tekanan di saraf kepala, pun tidak lancarnya aliran darah.

Selain rasa nyeri yang hilang-timbul, migrain juga ditandai dengan munculnya sensasi kesemutan di kepala Anda.

Jenis sakit kepala lainnya juga umum menyebabkan kesemutan, yaitu:

  • Sakit kepala karena tegang (tension headaches)
  • Sakit kepala klaster (cluster headaches)
  • Sakit kepala karena mata tegang (eyestrain headaches)

3. Cedera Kepala

Cedera yang terjadi pada kepala—misalnya akibat kecelakaan—menyebabkan adanya kerusakan saraf yang ada di dalam otak.

Kondisi ini lantas berdampak pada munculnya sejumlah gejala seperti facial paralysis, mati rasa, hingga parestesia di kepala.

Kesemutan juga hampir dipastikan muncul apabila cedera mengenai saraf yang berfungsi untuk menciptakan sensasi di area kepala.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...