Kepala LAPAN Sebutkan Bahwa Hari Ini Hingga 25 April Terjadi Hujan Meteor Lyrid

Kepala LAPAN Sebutkan Bahwa Hari Ini Hingga 25 April Terjadi Hujan Meteor Lyrid

Rabu, 20 Apr 2016 | 21:35 | Rike
WinNetNews.com-Fenomena alam hujan meteor lyrid bakal hiasi langit dini hari nanti. Meteor-meteor ini bakal nampak seperti bintang jatuh sebab terbakar ketika melewati atmosfer bumi.

"Jadi hujan meteor lyrid itu kejadian tiap tahun, tahun ini terjadi 16-25 April, puncaknya sering bergeser geser. Tahun ini diperkirakan puncaknya 22 April dini hari," terang Ketua Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, Rabu, (20/4/2016). Thomas melanjutkan, hujan meteor lyrid ini dapat dinikmati ketika cuaca cerah, tak ada hujan dan tak ada awan yang menghalanginya.

Tahun ini, puncak hujan meteor lyrid berbarengan dengan hadirnya bulan purnama. Dikatakan Thomas, di wilayah perkotaan seperti Jakarta, hujan meteor susah terlihat. Fenomena ini hanya bisa lebih dinikmati di wilayah pedesaan yang masih minim polusi cahaya."Puncaknya tahun ini bersamaan dengan purnama, untuk wilayah perkotaan makin sulit diamati karena terganggu polusi cahaya ditambah lagi cahaya bulan," jelas Thomas.

"Untuk melihat hujan meteor ini syaratnya harus gelap, baik dari gangguan cahaya bulan maupun polusi cahaya. Kalau mau mengamat harus di luar kota, karena di dalam kota terganggu polusi cahaya," ungkapnya.Thomas menggambarkan, pada kondisi normal ketika hujan meteor itu, puluhan meteor dapat terlihat di langit. Bila dalam kondisi terbaik, bakal lebih terlihat menarik sebab ada ratusan meteor yang dapat terlihat.

Sumber:detik.com

Foto: http://www.realita.co

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...