Skip to main content

Kerajaan Arab Lirik Investasi Pariwisata Mandalika

Kerajaan Arab Lirik Investasi Pariwisata Mandalika
Kerajaan Arab Lirik Investasi Pariwisata Mandalika

WinNetNews.com - Kabarnya rombongan Raja Salman yang akan datang berkunjung ke Indonesia pada 1 Maret sampai dengan 9 Maret 2017 tertarik untuk melakukan investasi pariwisata di Mandalika. Meskipun tujuan utama rombongan Raja Arab ini adalah Pulau Bali, tetapi beberapa perwakilan dari rombongan juga akan menyambangi pulau lombok.

Rencananya perwakilan diagendakan akan meninjau kawasan wisata Mandalika dan juga peluang-peluang investasi pariwisata lainnya di sana. Selain itu, akan ada pertemuan bisnis antara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan pihak delegasi Arab Saudi tentang Pariwisata, seperti yang dikatakan Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas, Hiramsyah S Thaib, dalam keterangan pers, Senin (26/2).

Selain itu, kementerian luar negeri juga mengabarkan kalau ada penjadwalan untuk meninjau lombok sebagai wisata halal, dan hal ini pun telah disetujui oleh pihak kerajaan Arab Saudi.

Saat ini pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, NTB memang tengah dikebut. Pemerintah telah memberikan kepastian sekaligus memberikan daya tarik bagi penanam modal melalui penetapan PP Nomor 96 Tahun 2015 tentang Fasilitas dan Kemudahan di KEK dan Perpres Nomor 3 Tahun 2015 tentang Proyek Strategis Nasional.

Tak lama lagi Lombokpun akan memiliki Bandara Internasional yang bisa dipakai untuk mendarat pesawat-pesawat besar. Selain itu perpanjangan landas pacu dari 2.750 meter menjadi 3.000 meter, juga akan dilakukan sebagai langkah pengembangan bandara. Rencananya, Bandara Internasional Lombok (BIL) nantinya akan memiliki kapasitas melayani penerbangan jarak jauh (long haul).

Bil akan dilengkapi dengan 2 apron baru untuk pesawat berbadan lebar (widebody) sekelas Boeing 777 atau Airbus 330. Ini berarti BIL akan bisa menampung 10 apron pesawat berbadan sedang (narrow body) serta 2 apron untuk berbadan lebar.

Selain itu, BIL juga akan dilengkapi dengan infrastruktur penunjang keamanan & keselamatan yang saat ini pengerjaannya sedang dikebut. Di kawasan Mandalika, akan dipasangi kamera Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa titik, dan akan dioperasikan selama 24 jam. Keselamatan yang disediakan juga berstandar global dan bekerjasama dengan Direktorat Polisi Air Polda NTB untuk membentuk satuan Life Guard.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top