Kerap Dikaitkan dengan Mitos Dijilat Setan, Ini Sebab Memar Muncul Tiba-tiba
Foto: Halodoc

Kerap Dikaitkan dengan Mitos Dijilat Setan, Ini Sebab Memar Muncul Tiba-tiba

Kamis, 13 Feb 2020 | 15:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Tubuh yang memar secara tiba-tiba tanpa mengalami benturan, sering dikaitkan oleh beberapa orang dengan mitos dijilat setan. Selain karena tidak diketahui alasan kenapa memar muncul, tanda berwarna merah keunguan itu juga tidak menimbulkan rasa sakit sedikit pun.

Ternyata kejadian ini memiliki istilah ilmiah tersendiri yang disebut dengan Purpura Simplex. Fenomena ini terjadi karena pembuluh darah yang pecah sehingga menyebabkan darah menggumpal.

“Ketika pembuluh darah rusak, darah akan bocor ke daerah sekelilingnya. Darah tersebut cenderung untuk berkoagulasi atau menggumpal. Ini yang menyebabkan terjadinya bercak biru atau memar,” jelas Prof. Dr. Zubairi Djoerban SpPD, KHOM seperti dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, memar ini juga bisa dipengaruhi oleh jenis obat aspirin, warfrafin, clopidogrel, dan prasurgel yang dapat memengaruhi peradaran darah. Keempat obat tersebut diketahui dapat meningkatkan peredaran darah.

Purpura Simplex yang muncul di tubuh dapat menghilang sendirinya dan tidak perlu mendapatkan perawatan khusus. Akan tetapi, jika memar ini diikuti dengan keluhan lain seperti demam atau flu, seseorang sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Pasalnya memar biru di kulit juga bisa menjadi indikasi adanya permasalahan kesehatan yang lebih serius. Beberapa jenis penyakit yang berbahaya dan gejalanya ditandai dengan memar yakni, diabetes tipe 2 ataupun leukimia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...