Keren Banget.. Pria Ini Ambil Cuti 9 Bulan Demi Urus Anak
Foto: wizaz.pl

Keren Banget.. Pria Ini Ambil Cuti 9 Bulan Demi Urus Anak

Sabtu, 29 Apr 2017 | 19:24 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Seorang Ayah pun punya andil yang sama besarnya dengan seorang Ibu untuk membentuk karakter anak juga berdekatan dengan buah hati. Seperti kisah pria asal Swedia bernama Johan Ekengard ini yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi para ayah di Indonesia.

Johan menceritakan Swedia memiliki regulasi pemerintah yang baik untuk mendukung perkembangan anak bersama orangtuanya, termasuk ayah. Pria yang mempelajari ilmu material dan metalurgi di KTH Royal Institute of Technology di Stockholm tersebut bahkan mendapat cuti sampai sembilan bulan dari tempat ia bekerja. Padahal biasanya, cuti dalam jangka waktu lama hanya didapat ibu setelah melahirkan.

Johan Ekengard memilih mengambil cutinya demi bisa selalu dekat dengan ketiga anaknya. Walau menjadi 'stay home dad' bukan pilihan banyak pria, namun ia bangga akan itu. Ia pun membantu mengerjakan sebuah proyek foto bernama 'Swedish Dad' yang mengungkap kehidupan seorang ayah yang rela cuti atau meninggalkan pekerjaannya demi anak.

"Swedia adalah negara yang sangat murah hati untuk sistem merawat anak. Saya kemudian membantu sebuah proyek bernama Swedish Dad dengan fotografer, untuk membantu menerangkan apa yang kami pikirkan sebagai seorang ayah yang cuti panjang demi anaknya, dan cara kami bertanggungjawab dengan urusan rumah tangga," ujar Johan di konferensi pers Resonation di Hotel Fairmount, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Johan memiliki tiga anak dengan istrinya, yaitu Ebbe yang berusia 7 tahun, Tyra berusia 5 tahun dan Stina 1 tahun. Johan dan istri mengambil cuti sembilan bulan untuk masing-masing anak mereka dan tak ingin ketinggalan perkembangannya.

"Saya dan istri berbagi semua pekerjaan, dari pekerjaan rumah tangga juga anak. Saya juga sangat mendukung karier istri," kata pria yang bekerja sebagai Development Engineer di Sandvik Mining and RockTechnology Swedia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...