Image Keren,, Bermodal Boneka Teddy, Bocah 11 Tahun Mampu Bobol Perangkat Bluetooth Cyber
Techno  

Keren,, Bermodal Boneka Teddy, Bocah 11 Tahun Mampu Bobol Perangkat Bluetooth Cyber

Sabtu, 20 Mei 2017 21:11 WIB

WinNetNews.com - Seorang bocah yang berusia 11 tahun telah mengejutkan para para ahli keamanan cyber pada hari Selasa kemarin karena telah membobol perangkat bluetooth mereka untuk memanipulasi sebuah beruang teddy yang lucu dan menunjukan bagaimana mainan cerdas bisa digunakan sebagai senjata.

Bocah bernama Reuben Paul adalah orang Amerika yang masih berada di kelas enam di sekolahnya di Austin, Texas. Tetapi ia bersama boneka beruangnya telah memukau ratusan orang di konferensi keamanan cyber di Belanda beberapa hari yang lalu.

"Dari pesawat terbang ke mobile, dari smartphone ke smarthome, mainan atau apapun tentunya bisa menjadi bagian dari Internet of Things (IOT)" ujarnya. "Dari terminator sampai dengan boneka beruang atau mainan apapun bisa dijadikan sebuah senjata," lanjutnya.

Untuk mendemonstrasikannya, dia menggunakan boneka beruangnya yang dihubungkannya melalui iCloud melalui WiFi dan teknologi smart bluetooth untuk menerima dan mengirimkan pesan. Lalu memasukannya ke sebuah perangkat Raspberry Pi. Setelah itu Reuben memindai untuk mencari perangkat bluetooth yang tersedia, setelah itu semua orang disana sontak terkejut karena tiba-tiba perangkat Reuben mendownload puluhan nomor penting termasuk pejabat tinggi.

Ia menggunakan bahasa pemograman yang disebut dengan Python. Dia memasukannya ke dalam beruangnya melalui salah satu nomor dan menyalakannya dan merekam segala pesan dari perangkat yang ia retas. "Sebagian besar perangkat saat ini pasti memiliki fungsi bluetooth, pada dasarnya saya hanya ingin menunjukan bagaimana bisa terhubung dengannya dan mengirim perintah kesana dengan merekam dan memainkannya." Ujarnya kepada AFP.

Reuben juga mengatakan bahwa ia mempunyai rencana yang ambisius untuk masa depan yang bertujuan untuk mempelajari kemanan dunia maya di universitas CalTech (sebuah universitas teknologi ternama di California) dan menggunakan keahliannya untuk menjaga keamanan dunia maya. Good boy.

Gagal Raih Kemenangan, Persib Ditahan Imbang Borneo FC 2-2
Ketua OK OTRIP Hadiahkan Kritik Pedas ke Dishub dan Transjakarta

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

Sekilas Tentang WinnetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.

atau
Lupa kata sandi akun kamu?
atau
Kami akan mengirim link aktivasi pada email Anda.
Daftar Akun