Keren!! Enam Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Hongkong

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Keren!! Enam Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Hongkong Foto: dok. UGM

WinNetNews.com - Apa yang diraih oleh para mahasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM) ini sungguh membanggakan dunia pendidikan Indonesia. Enam mahasiswa UGM yang dikirimkan menuju ajang internasional Asia-Pacific Model United Nations (AMUNC) 2017 di Hong Kong ini berhasil menorehkan berbagai prestasi.

Keenam mahasiswa itu antara lain Andi Andhyaksa, Jesita Wida Ajani, Arumdriya Soemoharmanto, Marsa Harisa, Fikri Abirawa, dan Ellyaty Priyanka. Enam mahasiswa dari berbagai fakultas di UGM tersebut rupanya bersaing keras dengan para mahasiswa dari seluruh dunia untuk meraih yang terbaik.

Ketua Delegasi Asia-Pacific Model United Nations dari UGM, Andi Andhyaksa mengatakan, dalam kompetisi internasional ini tiap mahasiswanya harus berhadapan dengan lawan-lawan tangguh dari berbagai negara di dunia seperti Australia, Korea, Singapura, dan negara Asia Pasifik lainnya.

"Level AMUNC sangat sulit dan kompetitif, tiap delegasi dari berbagai negara berjuang keras dalam memperjuangkan kepentingan masing-masing negara," kisah Andi Andhyaksa seperti dilansir dari laman UGM, Senin (24/7/2017).

Di kompetisi tersebut, kisah Andi, setiap mahasiswa berperan seolah sebagai diplomat yang baik dalam setiap council masing-masing. Model kompetisinya mirip perdebatan dalam United Nations.

Terkait isu yang dibahas dalam kompetisi ini bervariatif. Isu-isu yang dibawa ke forum biasanya adalah isu multidimensional seperti hukum, ekonomi, sosial, politik, dan budaya dalam suatu negara.

Andi mengaku sebelum keberangkatannya ke Hong Kong untuk berlaga di kompetisi ini, dirinya dan kelima orang lainnya telah berlatih selama kurang lebih tiga bulan. Hasil takkan mengkhianati proses pun, benar adanya. Sebanyak lima penghargaan berhasil dibawa pulang enam delegasi dari UGM.

Penghargaan tersebut di antaranya:

1. Best Delegate ASEAN Regional Forum yang diperoleh Ellyaty Priyanka

2. Best Position Paper dan Honorable Mention Organization of Islamic Cooperation oleh Arumdriya Murwani

3. Best Position Paper General Assembly SOCHUM oleh Jesita Wida Ajani

4. Best Delegate United Nations Security Council oleh Andi Adhyaksa

5. Outstanding Delegate General Assembly SPECPOL oleh Marsa Harisa

AMUNC sendiri merupakan ajang perlombaan simulasi sidang PBB terbesar di Asia Pasifik yang menguji kemampuan berdiplomasi dan wawasan peserta mengenai isu-isu dunia. Selain itu menguji kemampuan peserta untuk berdebat, berunding, dan mengajukan solusi-solusi baik untuk kepentingan nasional masing-masing negara maupun kepentingan dunia secara menyeluruh. Tahun ini, AMUNC diadakan di Hong Kong University pada 19-23 Juni lalu.

Apa Reaksi Kamu?