Keren! Malam Tahun Baru akan Dihiasi Kemunculan Hujan Meteor
Malam tahun baru akan dihiasi komet /foto: istimewa

Keren! Malam Tahun Baru akan Dihiasi Kemunculan Hujan Meteor

Sabtu, 31 Des 2016 | 22:42 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Lupakan sejenak kembang api, karena tepat pada malam pergantian tahun 2017 sebuah komet akan menghiasi langit malam. Pemandangan indah itu berasal dari Komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdusakova.

Dilansir dari CNN, Sabtu (31/12/2016), sebuah komet akan terlihat jelas melintas jelang malam tahun baru ini. Pemandangan indah itu bahkan bisa dilihat siapapun dengan menggunakan teropong bintang.

"Komet tersebut dapat diamati di belahan bumi bagian utara dan momen ini masih akan terlihat melintasi bumi hingga 15 Januari nanti," kutip CNN dari NASA.

Sebenarnya sejak 15 Desember lalu komet itu telah mulai nampak di langit sebelah barat, tetapi pada saat malam tahun baru ini lintasan komet akan terlihat jelas karena berada di dekat bulan.

Menurut NASA, perlu waktu sekitar 5,25 tahun agar komet ini bisa menyelesaikan orbitnya. Bahkan untuk pertama kalinya di tahun 2017, para astronom dapat melihat jelas penampakan komet itu sejak ditemukan pada tahun 1984.

"Komet bernama 45P yang akan muncul di tahun 2017 dapat terlihat dengan lebih baik dari hasil pemantauan di tahun 2016," ungkap NASA.

Selain komet 45P, pihak NASA juga mengonfirmasi bahwa akan ada dua hujan meteror yakni Ursids dan Gemids yang terjadi pada tahun depan. NASA menambahkan bahwa momen terbaik untuk menyaksikan hujan meteor Gemids ketika cahaya bulan tak nampak terlalu terang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...