Kereta Barang dari China dengan Jarak Tempuh Terjauh Akhirnya Tiba di London!
Foto: AFP

Kereta Barang dari China dengan Jarak Tempuh Terjauh Akhirnya Tiba di London!

Minggu, 30 Apr 2017 | 20:35 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kereta barang pertama yang menghubungkan China langsung ke Inggris tiba di kota Yiwu, Cina timur, Sabtu (29/4), setelah menempuh perjalanan sejauh 12.000 kilometer (7,500 mil), yang menjadi jalur rel terpanjang kedua di dunia.

Perjalanan ini adalah upaya terbaru dalam upaya China untuk memperkuat hubungan dagang dengan Eropa barat sepanjang rute "Jalan Sutra" modern.

"Kereta api tiba sekitar pukul 09:30 waktu setempat (pagi WIB) ke Yiwu pada hari Sabtu," kata Perusahaan Industri Tianmeng Yiwu kepada AFP .

Negara perdagangan utama dunia meluncurkan strategi "One Belt, One Road" pada 2013, dan sejak itu telah menuangkan jutaan dolar untuk membangun jaringan infrastruktur yang luas.

Kereta api tersebut membawa obat-obatan dan mesin, berangkat ke London pada 10 April dan melewati Prancis, Belgia, Jerman, Polandia, Belarus, Rusia dan Kazakhstan selama 20 hari perjalanan sebelum tiba di Yiwu di provinsi Zhejiang timur, sebuah Pusat grosir utama untuk barang konsumsi kecil.

image0

Rute baru ini lebih panjang dari kereta api Trans-Siberia yang terkenal di Rusia, namun sekitar 1.000 kilometer lebih pendek daripada jalur China-Madrid yang memegang rekor, yang dibuka pada tahun 2014.

London adalah kota ke 15 yang dihubungkan dengan jaringan pengangkutan baru yang ditawarkan oleh China Railway Corporation yang dikelola negara, yang mengatakan bahwa layanannya lebih murah daripada transportasi udara dan lebih cepat daripada pengiriman.

Perjalanan harus ditempuh 30 hari lebih cepat daripada memindahkan barang dengan kapal, kata pemerintah provinsi, namun pilot run memakan waktu dua hari lebih dari 18 hari yang diperkirakan.

Dan kereta api, yang diberi nama East Wind, memiliki daya dukung yang jauh lebih sedikit - hanya 88 kontainer pengiriman, menurut pemerintah Yiwu, dibandingkan dengan 10.000 sampai 20.000 kapal kontainer yang dapat dibawa muatan kapal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...