Kereta Cepat JKT-BDG Dibangun Besok

Kereta Cepat JKT-BDG Dibangun Besok

Rabu, 20 Jan 2016 | 09:03 | Rusmanto
WinNetNews.com - Kereta Cepat (High Speed Train/HST) rute Jakarta-Bandung akan dimulai pembangunannya (groundbreaking) pada 21 Januari 2016. Lokasi groundbreaking berada di daerah Walini, Bandung, Jawa Barat.

Saat groundbreaking, proyek ini akan dikerjakan oleh konsorsium Indonesia-China. Dubes China untuk Indonesia, Xie Feng menyebut, proyek kereta cepat JKT-BDG sepanjang 142 kilometer (km) akan terus berlanjut, bahkan dikebut pekerjaannya. Ia memastikan groundbreaking bukanlah formalitas belaka.

"Ini bukan soft launching yang hanya bersifat simbolis saja, ini adalah permulaan pembangunan yang resmi," kata Xie saat berbicang di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (19/1/2016).

Lanjut Xie, proses pembangun bisa dikebut karena persoalan perizinan telah tuntas 100%, termasuk soal dukungan pembiayaan sebesar 75% dari China Development Bank (CDB). Total investasi pembangunan proyek HST mencapai US$ 5,5 miliar.

"Setelah kerja keras selama 3 bulan, konsorsium China dan Indonesia (PT Kereta Cepat Indonesia China), berhasil menyelesaikan berbagai survei dan desain sehingga telah mendapatkan izin pembanguna, izin trase, AMDAL," tambahnya.

Pada saat groundbreaking di Walini, Pemerintah Negeri Tirai Bambu akan hadir. Presiden China, XI Jinping menugaskan, State Councilor Republik Rakyat China, Wang Yong. Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir pada peletakan batu pertama mega proyek transportasi di Pulau Jawa ini.

Proses pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang terdiri dari 4 stasiun yakni Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar, akan selesai dalam waktu 3 tahun ke depan. HST dengan kecepatan 350 km per jam ini baru bisa beroperasi pada tahun 2019.

disadur dari situs detik finance

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...