Kereta Misterius Ini Diduga Bawa Kim Jong-Un dan Rombongan ke Beijing
ilustrasi

Kereta Misterius Ini Diduga Bawa Kim Jong-Un dan Rombongan ke Beijing

Rabu, 28 Mar 2018 | 12:36 | Rusmanto

WinNetNews.com - Rangkaian kereta misterius yang diduga membawa pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un telah meninggalkan Beijing, China. Kereta itu diyakini membawa delegasi pejabat senior Korut, yang salah satunya adalah Kim Jong-Un.

Meskipun hingga kini belum ada konfirmasi pasti soal keberadaan pemimpin rezim komunis itu. Otoritas China sendiri mengaku tak tahu-menahu soal kunjungan pejabat Korut ke Beijing.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (27/3/2018), surat kabar konservatif Korea Selatan (Korsel), Chosun Ilbo, yang mengutip seorang pejabat intelijen senior yang enggan disebut namanya, menyebut bahwa delegasi Korut yang berkunjung ke Beijing itu termasuk Kim Jong-Un. Chosun Ilbo juga menyebut delegasi Korut termasuk Kim Jong-Un itu telah kembali ke Korut.

Media Korsel lainnya, Hankyoreh, juga melaporkan bahwa Kim Jong-Un telah mengunjungi Beijing untuk bertemu Presiden China Xi Jinping. Pertemuan itu dilaporkan berlangsung pada Senin (26/3) sore waktu setempat. 

Usai bertemu Presiden Xi, Kim Jong-Un mengunjungi lokasi tertentu yang tidak disebut lebih lanjut, namun diyakini masih ada di wilayah China, pada Selasa (27/3) waktu setempat. Hankyoreh tidak mengutip sumber tertentu dalam laporannya ini.

Dua sumber anonim lainnya, yang dikutip media Hong Kong, South China Morning Post, juga melaporkan bahwa Kim Jong-Un ada di dalam kereta yang bergerak meninggalkan Beijing.

Kunjungan Kim Jong-Un ke Beijing awalnya dilaporkan Bloomberg pada Senin (26/3) malam waktu setempat. Bloomberg mengutip tiga sumber yang dirahasiakan dalam laporannya itu.

Spekulasi kunjungan Kim Jong-Un ke Beijing semakin menguat setelah berbagai laporan soal peningkatan pengamanan di stasiun lokal China juga penjagaan ketat di guesthouse khusus tamu negara, penutupan ruas jalanan utama di Beijing, hingga pengosongan Alun-alun Tianamen dari turis, bermunculan. 

Kementerian Luar Negeri China terkesan menghindari pertanyaan soal sosok pejabat Korut yang datang berkunjung. "Saat ini saya tidak tahu-menahu soal situasi yang Anda sebutkan. Jika ada kabar kami akan merilisnya," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

Sementara itu, penampakan kereta misterius berwarna hijau dengan garis horisontal warna kuning yang diduga membawa Kim Jong-Un ini mirip dengan kereta yang pernah dipakai Kim Jong-Il, ayah Kim Jong-Un, saat berkunjung ke Beijing tahun 2011 lalu. Tahun yang sama, Kim Jong-Il juga pergi ke Moskow. (detikcom)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...