Kericuhan Warnai Penertiban Bangunan Pemukiman di Rawajati

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Kericuhan Warnai Penertiban Bangunan Pemukiman di Rawajati
WinNetNews.com - Pemerintah Kota Jakarta Selatan membongkar bangunan liar di permukiman RT 09/04 Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan. Penggusuran ini diwarnai kericuhan antara anggota Satpol PP dengan warga Rawajati, Kamis 1 September 2016.

Pemerintah telah mengeluarkan surat peringatan kepada warga Rawajati RT 09/04 untuk mengosongkan rumah mereka. Permukiman mereka akan digusur oleh pemerintah lantaran lahan yang ditempati mereka merupakan tanah negara yang dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Sekitar 300 anggota Satpol PP dikerahkan untuk mengamankan penggusuran ini. sempat terjadi lempar – lemparan botol yang mengakibatkan tiga orang terluka.

Saat penggusuran terjadi, turut hadir Anggota DPRD DKI Syarif dan aktivis Ratna Sarumpaet untuk mencegah pengggusuran. Syarif menilai penggusuran ini ilegal. Ia menganggap penggusuran ini tidak memiliki penanggung jawab.

Ratna juga meminta surat tugas kepada Satpol PP.

"Mana surat tugasnya, tunjukin dong surat tugasnya," teriak Ratna ke petugas Satpol PP, di lokasi Kamis pagi.

Namun usaha keduanya sia – sia. Penertiban bangunan tetap dilakukan. Eskavator langsung menghantam satu per satu bangunan milik warga.

 

Apa Reaksi Kamu?