Keripik Sayur Ternyata Makanan yang Kurang Sehat

Rusmanto
Rusmanto

Keripik Sayur Ternyata Makanan yang Kurang Sehat ilustrasi
Winnetnews.com - Jika kita berbicara tentang sayuran, maka kita tentu akan langsung berpikir tentang makanan yang tinggi nutrisi dan sangat baik bagi kesehatan. Bahkan, olahan sayur yang tidak biasa seperti keripik sayur juga dianggap lebih sehat. Padahal, pakar kesehatan menyebut keripik sayur sebagai makanan yang kurang sehat.

Keripik Sayur Bukan Makanan Sehat

Ada banyak sekali jenis keripik sayur yang bisa kita temukan di pasaran. Sebagai contoh, kita bisa menemukan keripik bayam, keripik bit, dan lain-lain. Banyak orang yang menganggap keripik sayur ini jauh lebih sehat dibandingkan dengan keripik kentang atau keripik kemasan yang bisa membuat berat badan naik. Padahal, dalam realitanya hal ini sama saja.

Penelitian yang dilakukan di Hong Kong membuktikan bahwa keripik sayur juga diolah dengan teknik gorengan deep fried atau di dalam minyak panas dalam jumlah yang banyak. Teknik ini memang bisa membuat keripik sayur menjadi lebih gurih dan renyah, namun hal ini membuatnya tidak lebih sehat dibandingkan dengan keripik kentang.

Bahkan, para peneliti menyebut sayuran yang diolah dengan teknik deep fried cenderung memiliki kandungan karsinogen dengan jumlah dua kali lipat dibandingkan dengan makanan lain yang diolah terlalu matang. Sebagaimana kita ketahui, karsinogen bisa menyebabkan datangnya kanker.

“Sayuran memang bisa dianggap sebagai makanan sehat, namun temuan survey terbaru justru menunjukkan bahwa sayuran yang diolah menjadi keripik baik itu dengan teknik digoreng atau dipanggang, memiliki kandungan karsinogen lebih banyak dari yang ada di dalam keripik kentang. Hal ini tidak bisa disepelekan,” tulis penelitian sebagaimana dilansir dari CNN.

Penelitian yang dilakukan pemerintah Hong Kong pada 2003 silam bahkan menyebut keripik, apapun jenisnya, memiliki kadar akrilamida yang tinggi. Dari sekitar 104 sampel camilan keripik yang dicek, ditemukan kandungan akrilamida rata-rata 457 mikrogram untuk setiap kilogramnya. Khusus untuk keripik sayuran sebanyak 27 sampel, kandungan akrilamidanya bahkan bisa mencapai 1.121 mikrogram per kilogram!

Melihat fakta ini, sebaiknya memang kita tidak sembarangan menganggap keripik atau camilan lainnya sebagai makanan yang sehat karena hal ini belum tentu benar.

Apa Reaksi Kamu?