Kerja Boleh, Tapi Jangan Abaikan Kesehatan

Kerja Boleh, Tapi Jangan Abaikan Kesehatan

Wingamers - Demi totalitas bekerja, lembur adalah hal yang biasa, bahkan terkadang kita mengabaikan jatah cuti demi tuntutan pekerjaan. menjadi workaholic alias gila kerja kerap mengorbankan banyak hal, salah satunya kesehatan. Dalam sebuah data mengenai 600.000 orang, diketahui mereka yang bekerja lebih dari 55 jam setiap minggu memiliki risiko stroke 33 persen lebih tinggi.

Mengapa orang yang gila kerja rentan stroke? Salah satu penyebab utamanya mungkin karena stres. Tekanan mental dan kecemasan bukan hanya berdampak pada psikis tapi juga fisik. Orang yang stres biasanya mengalami tekanan darah tinggi sehingga berpotensi terkena serangan jantung dan stroke.

Efek buruk stres di tempat kerja setara dengan menjadi perokok pasif. Stres di tempat kerja ini termasuk konflik pekerjaan dan keluarga, merasa posisi tidak aman, serta merasa kurang diperlakukan secara adil di kantor.

Liburan singkat pun sebenarnya sudah berefek positif untuk meningkatkan kesehatan dan rasa bahagia karena kita merasa rileks dan memiliki hidup yang seimbang. Kita juga bisa melakukan kegiatan rileksasi di rumah sepulang kerja. Sebisa mungkin, beri waktu beberapa jam di rumah tanpa ponsel dan email. Intinya adalah jangan takut untuk sesekali bersantai.