(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kerukunan Umat Beragama Ala Indonesia di Hongaria

Rusmanto
Rusmanto

Kerukunan Umat Beragama Ala Indonesia di Hongaria
WinNetNews.com - Merayakan hari raya Maulid Nabi Muhammad SAW dan hari Natal sama-sama mendapat tempat di Indonesia dalam kerukunan dan harmoni. Pesan damai tersebut disimak oleh masyarakat Hongaria dan Indonesia dalam perayaan Natal 2015 di Wisma Duta, Budapest (25/12/2015) waktu setempat.

"Di hari yang penuh kebahagiaan ini, kita bersama merayakan hari Natal bagi umat Kristiani yang tepat sehari sebelumnya umat islam juga merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW," ujar Dubes RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo dalam sambutannya.

Menurut Dubes, peringatan Natal dan Maulid menunjukkan pada dunia dan Hongaria bahwa Indonesia adalah negara demokrasi dengan keanekaragaman budaya maupun agama yang dapat hidup berdampingan serta memiliki toleransi tinggi.

"Semoga perayaan dua hari raya ini juga menjadikan hubungan kita warga Indonesia di Hongaria semakin erat dan harmonis," jelas Dubes.

Sebelum perayaan, Romo Fransiskus Xaverius Magung memimpin kegiatan Kebaktian Natal dengan mengusung tema "Hidup bersama sebagai keluarga Allah." Kebaktian tidak hanya dihadiri oleh WNI yang tinggal di Hongaria, tetapi juga masyarakat Hongaria yang cinta Indonesia.

Perayaan Natal ini dimeriahkan dengan penampilan berbagai pertunjukan seni budaya di antaranya permainan gitar klasik oleh Fadil dan lagu-lagu anak bertemakan Natal oleh Cecilia.

Juga tarian daerah Ayam Den Lapeh (Sumatera Barat) yang dibawakan oleh Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Budapest bersama masyarakat dan lagu-lagu rohani oleh gabungan masyarakat Indonesia dan Hongaria.

Untuk anak-anak Indonesia dan Hongaria yang ikut merayakan Natal juga ada kejutan dengan kemunculan Santa Claus yang membagi-bagikan hadiah. Para tamu selanjutnya dihibur dengan organ tunggal sambil menikmati hidangan khas Indonesia, kue-kue Natal dan Wedang Uwuh (minuman tradisional Jawa), yang ideal untuk cuaca dingin serta menyehatkan.

disadur dari situs detik news

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});