Kesepakatan As dan Arab Saudi Capai 55 Miliar Dollar! Apa Aja Sih?
Foto: CNN

Kesepakatan As dan Arab Saudi Capai 55 Miliar Dollar! Apa Aja Sih?

Minggu, 21 Mei 2017 | 06:16 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Arab Saudi mengumumkan lebih dari $ 55 miliar dalam kesepakatan dengan perusahaan AS pada hari Sabtu (20/5), bersamaan dengan kedatangan Presiden Donald Trump untuk kunjungan dua hari.

Saudi mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan awal dengan perusahaan pertahanan AS, produsen industri dan perusahaan minyak dan gas menyusul Forum CEO Saudi-AS di Riyadh yang akan membantu Saudi mencapai kemajuan dalam rencana Vision 2030 mereka untuk memodernisasi dan diversifikasi ekonomi negara tersebut.

Serangkaian transaksi juga mencakup investasi $ 12 miliar di kilang minyak AS dari Motiva Enterprises, anak perusahaan Aramco, perusahaan minyak dan gas nasional Arab Saudi.

Transaksi tersebut setidaknya sebagian ditujukan untuk mengumpulkan niat baik dengan Trump, yang telah berfokus untuk memberikan dorongan bagi perusahaan di ketiga industri tersebut, memberinya paket bernilai miliaran dolar untuk juara saat ia kembali ke Amerika Serikat.

Kesepakatan tersebut diarak di depan Trump dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud dalam sebuah upacara publik di Royal Court, dengan para CEO Amerika berjalan ke tengah sebuah ruangan luas untuk bertukar folio yang menandai kesepakatan dengan berbagai menteri Saudi.

Secara terpisah, Trump juga menandatangani kesepakatan pertahanan hampir $ 110 miliar dengan Arab Saudi, yang oleh kedua negara dipuji sebagai tanda kemitraan yang lebih kuat antara kedua negara.

Segera setelah itu, Trump memuji kesepakatan tersebut sebagai "investasi luar biasa di Amerika Serikat."

"Itu adalah hari yang luar biasa. Investasi luar biasa di Amerika Serikat. Ratusan miliar dolar investasi ke Amerika Serikat dan pekerjaan, pekerjaan, pekerjaan," kata Trump.

Perjanjian senilai $ 55 miliar yang diumumkan secara terpisah dari kesepakatan senjata raksasa mencakup kesepakatan $ 6 miliar untuk Lockheed Martin untuk membangun 150 helikopter Blackhawk di Arab Saudi, membantu kerajaan tersebut mengembangkan industri pertahanannya, yang merupakan komponen kunci dari rencana Vision 2030 di negara tersebut.

Perusahaan pertahanan AS Raytheon juga akan mendirikan cabang di Arab Saudi dan General Dynamics sepakat untuk melokalkan desain, rekayasa, manufaktur, dan dukungan kendaraan tempur lapis baja," pemerintah mengumumkan dalam sebuah siaran pers, yang dikutip dari CNN .

GE juga mencapai kesepakatan senilai $ 15 miliar untuk bekerja sama dengan kerajaan Saudi dalam serangkaian proyek yang bertujuan meningkatkan kemampuan jaringan dan energi negara tersebut.

Dow Chemical juga akan membangun pabrik senilai $ 100 juta di negara ini.

Industri minyak dan gas Saudi juga mencapai $ 22 miliar dalam kemitraan antara Arab Saudi dan perusahaan AS yang akan mendukung industri minyak dan gas besar di negara ini.

Kesepakatan itu mewakili kemenangan signifikan bagi pangeran mahkota wakil Saudi, Mohammed bin Salman, yang telah memperjuangkan rencana Vision 2030 yang diperlukan untuk memodernisasi negara dan mendiversifikasi ekonominya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...