Ketahuan Lakukan Pungli, Tiga Pejabat dicopot Ridwan Kamil

Ketahuan Lakukan Pungli, Tiga Pejabat dicopot Ridwan Kamil

Senin, 25 Apr 2016 | 20:08 | Rike
WinNetNews.com-Wali Kota Bandung Ridwan Kamil(emil) resmi berhentikan tiga pejabat di lingkungan Pemkot Bandung pada Senin (25/4) ini. Ia menyebut ketiga pejabat tersebut diberhentikan karena terbukti melakukan pungutan liar (pungli).

Adapun tiga orang pejabat yang diberhentikan yaitu satu camat dan dua lurah. Satu camat yang diberhentikan yaitu Camat Regol Asep Haryadi, sedangkan dua lurah yang diberhentikan yaitu Lurah Karang Pamulang Sunarto, dan Lurah Ancol Dadang Mulya."Dengan sangat terpaksa dan hati yang tidak terlalu nyaman, kami memberhentikan tiga pejabat," ucap Emil di sela acara rotasi pejabat Pemkot Bandung yang digelar di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (25/4). Emil tegaskan, bahwa pihaknya telah ingatkan kepada pejabat di lingkungan Pemkot Bandung untuk tak bermain-main lagi dengan urusan pelayanan. Terutama hal-hal yang sentuh dan akan mengakibatkan masalah KKN."Ini bagian dari sistem reward dan punishment yang dilakukan dengan cara cara yang adil dan objektif," ujarnya.

Emil mengungkapkan, pemberhentian tiga orang pejabat ini berawal dari laporan masyarakat terkait indikasi pungli yang dilakukan oleh ketiga pejabat itu. Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti inspektorat. Setelah dilakukan pemeriksaan pada tiga pejabat yang dilaporkan, hasilnya menyimpulkan bahwa ketiga pejabat itu terbukti melakukan pelanggaran."Jadi ini adalah menindaklanjuti laporan dari masyarakat. Ketiga pejabat ini diperiksa inspektorat dan diberi hak untuk membela diri. Nah tiga itulah terpaksa Saya berhentikan karena sudah terindikasi dan terbukti dari laporan inspektorat," kata Emil. Ketika disinggung terkait kasus pungli yang dilakukan, Emil tidak menjelaskan lebih jauh. Dia hanya sebut bahwa ketiga pejabat tersebut menarik pungutan uang pada masyarakat dan hal itu terbukti dari pemeriksaan yang dilakukan oleh inspektorat."Di inspektorat aja. Ujung-ujungnya urusan duit. Ketiganya dinonjobkan," tambahnya.

Adapun untuk posisi jabatan yang kosong pasca diberhentikan, Emil akui akan segera mengisinya. Pihaknya bakal segera menyeleksi dan memilih pejabat guna mengisi kekosongan itu."Setelah ini kita akan lakukan pelantikan secepatnya. Saya analisa untuk bidang yang ditinggalkan untuk lurah-lurah yang kosong. Sebagian lurah akan kami promosikan yang terbaik naik ke sekcam. Jadi sesuai prosedurnya. Kami sangat mengapresiasi orang yang bekerja dan memberikan prestasi baik," ungkap dia. Emil kembali ingatkan tak akan segan-segan berhentikan pejabat yang melakukan pelanggaran-pelanggaran serupa. Dia juga mengaku masih akan lakukan rotasi besar-besaran di tahun ini. "Masih banyak. Pokoknya kejar target pimpinan, jangan lelet. Kedua Jangan terindikasi kkn di zona integritas," ucapnya.

Sumber&foto:merdeka.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...