Ketahui Kondisimu dari Foto yg Kamu Unggah di Instagram

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Ketahui Kondisimu dari Foto yg Kamu Unggah di Instagram Foto: Ilustrasi
Winnetnews.com - Media sosial sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia. Tahukah kamu? Unggahan di media sosial yang kita buat bisa menjadi cerminan dari siapa diri kita dan bagaimana perasaan kita. 

Bahkan foto yang kita upload di Instagram dapat mengungkapkan kalau kitaa mengalami depresi, berdasarkan faktor-faktor seperti bagaimana kamu mengeditnya dan filter apa yang cenderung kamu gunakan.

Penelitian ini dipublikasikan di EJP Data Science,dan menggunakan data Instagram dari 166 orang dan 43.950 foto yang berbeda untuk menerapkan alat untuk mengidentifikasi penanda depresi.

Periset menemukan bahwa saat mengedit foto, individu yang sehat menggunakan warna yang lebih gelap untuk mengekspresikan suasana hati yang negatif, namun umumnya lebih menyukai warna yang lebih cerah. 

Sedangkan orang yang depresi, lebih menyukai warna grayer atau abu-abu yang lebih gelap. Hasil serupa ditemukan saat menggunakan filter. Orang-orang yang depresi sering menggunakan filter hitam-putih Inkwell, atau tidak ada filter sama sekali, sementara individu sehat sering menggunakan Valencia, yang mencerahkan warnanya.

"Dengan kata lain, orang yang menderita depresi lebih cenderung menyukai filter yang benar-benar menghabiskan semua warna dari gambar yang ingin mereka bagikan," kata studi tersebut.

 

 

Penulis : Cindy Irma Cicilia
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?