(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ketahui Nutrisi Penting Untuk BALITA

Yudha Raditya
Yudha Raditya

Ketahui Nutrisi Penting Untuk BALITA
WinNetNews.com – Balita sangat membutuhkan banyak nutrisi yang penting guna membatu tumbuh kembangnya. Tanpa nutrisi yang cukup, mereka akan beresiko kekurangan gizi

Maka perlu ditekankan bahwa kebutuhan untuk memberikan gizi anak harus sangatlah diperhatikan. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita benar-benar harus peduli tentang asupan gizi mereka.

Berikut adalah beberapa asupan nutrisi yang harus diperhatikan dan diberikan kepada seorang balita maupun anak kecil.

1. DHA

DHA merupakan factor penting untuk perkembangan otak anak. Otak bayi yang berusia tiga tahun pertama berkembang kecerdasannya sangat pesat, sementara DHA bisa membatu perkembangannya, karena balita rata-rata baru saja memenangkan asam lemak ω-3 adalah sekitar 25% dari rekomendasi yang disarankan. DHA juga dapat membantu mengatasi alergi dan pilek, serta membantu tidur anak Anda lebih baik. DHA sebagai sumber makanan diperoleh dari telur, ikan, dan susu.

2. Kalium

Kalium merupakan nutrisi penting untuk mengontrol tekanan darah. Sayangnya, sebagian besar anak-anak tidak mendapatkan nutrisi ini, terutama risiko pada mereka yang menderita obesitas atau kegemukan. Kalium pada makanan dapat diperoleh dari buah dan sayuran, yaitu pisang, kentang, kacang polong, brokoli, semangka, stroberi, dan melon.

3. Kalsium

Bagi pertumbuhan balita, kalsium sangatlah di perlukan. Kalsium yang merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mendukung kesehatan tulang, gigi dan otot, Kalsium dapat ditemukan dalam makanan seperti susu, keju, yogurt, saus apel, sereal, dan sebagainya.

4. Zat besi

Zat besi berperan penting terhadap pembuatan hemoglobin, yang mana didalam sel darah merah, berperan dalam pasokan oksigen dari paru-paru ke bagian seluruh jaringan tubuh. Salah satu alasan utama, anak Anda tidak cukup asupan zat besi karena mereka minum terlalu banyak asupan kalsium yang bersumber dari susu yang membuat zat besi tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

Maka solusi terbaik adalah membatasi konsumsi susu yaitu dua gelas susu sehari saja. Dan yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan zat besi balita dengan memberikan makanan yang memiliki zat besi yang baik seperti sereal, ayam, telur, roti, dan daging sapi tanpa lemak.

5. Serat

Kebutuhan serat pada anak sangat penting untuk kesehatan pencernaan, terutama bagi anak-anak yang sering sembelit. Terutama buah-buahan dan sayuran. Anda juga dapat menambahkan oatmeal untuk memberikan serat tambahan.

Demikianlah 5 nutrisi yang sangat penting bagi balita anda, supaya memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik dari segi fisik maupun kecerdasannya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});