Ketatnya Persaingan di MotoGP, Akan Berlanjut di Le Mans, Parncis
foto: Vidio.com

Ketatnya Persaingan di MotoGP, Akan Berlanjut di Le Mans, Parncis

Rabu, 17 Mei 2017 | 13:55 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Akhir pekan ini seri balapan kelima di MotoGP 2017 akan berlangsung di Prancis di Le Mans, persaingan antar rider pun semakin memanas.

Pada seri balapan ke empat di Spanyol, Dani Pedrosa berhasil memenangi balapan di Jerez. Baru kali ini lagi rider Repsol Honda itu naik podium teratas sejak balapan di Misano bulan September 2016 lalu.

Dalam seri ini, Pedrosa menaklukkan MotoGP Spanyol tersebut dengan sedemikian impresif setelah sebelumnya juga dominan dalam sesi latihan dan kualifikasi. Apalagi ia juga mencatatkan fastest lap di Jerez.

Performa Pedrosa tersebut sekaligus jadi gambaran betapa dirinya tak bisa dikesampingkan begitu saja di tengah-tengah persaingan berebut gelar juara dunia. Apalagi 52 poin raihan Pedrosa membuatnya kini cuma ketinggalan 10 poin saja dari Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang bertengger di puncak klasemen sementara MotoGP.

Marc Marquez, rekan setim Pedrosa, juga akan berusaha melanjutkan tren positif dua seri terakhir (menang di Austin dan runner-up di Jerez) setelah dua seri awal yang tak oke -- ia finis kelima di Losail dan DNF di Argentina. Sang juara bertahan kini duduk di posisi tiga, unggul enam angka dari Pedrosa dan ketinggalan empat poin dari Rossi.

Satu podium lain di Jerez lalu ditempati oleh Jorge Lorenzo yang finis ketiga. Inilah podium pertamanya buat Ducati. Ia juga mesti diwaspadai dalam balapan akhir pekan ini mengingat sudah enam kali Le Mans ditaklukkan oleh Lorenzo di balapan grand prix -- lima di kelas primer, termasuk dua musim terakhir, dan sekali di 250cc.

Sementara itu tim pabrikan Yamaha akan berusaha bangkit di Le Mans setelah Maverick Vinales dan Rossi melewati balapan berat di Jerez -- mereka finis di luar lima besar, di posisi enam dan 10 secara berurutan.

Hasil-hasil itu turut membuat Rossi dan Vinales, yang berada di posisi satu dan dua klasemen, kini dibayangi rider rival dari Repsol Honda yang potensial membuat jalannya balapan di Le Mans bakal berjalan sengit dan panas.

Selain itu, kehadiran Johann Zarco, salah satu rookie MotoGP musim ini, tambah memanaskan persaingan di Le Mans. Rider Monster Yamaha Tech 3 itu kini menempati posisi enam klasemen sementara, berkat keberhasilan finis lima besar di tiga seri terakhir setelah DNF di balapan pertama. Di balapan kandangnya, Zarco pasti lebih termotivasi unjuk gigi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...