(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ketika Susu Lebih Murah Dari Air

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Ketika Susu Lebih Murah Dari Air

 

Wingamers.com - Ketika susu lebih murah dari air. Ini terjadi di Eropa ketika permintaan dari Tiongkok menurun dan batasan produksi dicabut. Satu liter air punya harga sekitar US$ 1,5 sedangkan satu liter susu hanya dijual US$ 1.

Fakta ini menjadi bencana bagi peternak, yang mendorong ribuan orang melakukan protes di Brussels, Belgia, Senin (7/9) dan memblokir jalanan dengan traktor mereka serta melempari polisi dengan jerami dan telur.

Harga susu di toko turun 5% tahun ini, sementara harga wholesale anjlok hingga 20% menjadi sekitar 33 sen. Kondisi ini membuat para peternak menjual susu dengan harga lebih rendah dari ongkos produksi.

Uni Eropa mengatakan akan menyediakan dana darurat 500 juta Euro (Rp 8 triliun) untuk para petani demi membantu mereka menghadapi masalah penurunan harga.

Para peternak sapi Eropa sudah menghadapi masalah akibat embargo makanan Rusia tahun lalu, sebagai balasan atas sanksi negara-negara Barat karena konflik di Ukraina.

Rusia merupakan salah satu pasar terbesar produk susu Uni Eropa mencakup sekitar 32% ekspor keju dan 24% ekspor mentega dari UE. Melemahnya permintaan Tiongkok yang merupakan importir susu terbesar di dunia juga menghantam industri susu. Tingkok adalah pembeli besar susu bubuk.

Maka sekarang ini para peternak sapi Eropa mulai menuntut diberlakukannya kembali kuota produksi untuk menyeimbangkan pasar. Kuota telah dicabut awal tahun ini sehingga mereka bebas memproduksi sebanyak yang mereka mau, untuk pertama kalinya dalam 30 tahun. Jadi jika ingin beli susu murah, Anda bisa ke Eropa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});