Ketua DPR RI Bertemu Kaisar Akihito

Ketua DPR RI Bertemu Kaisar Akihito

WinNetNews.com - Ketua DPR RI, Setya Novanto, kemarin siang, Rabu (11/11/2015), melakukan pertemuan tertutup dengan Kaisar Akihito di Imperial Palace, Tokyo.

Hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia penuh dinamika dan terus berkembang dari masa ke masa. Kaisar Jepang, Akihito, sendiri berharap hubungan kedua negara semakin erat.

"Beliau menanggapi bahwa Indonesia adalah negara besar. Kerjasama harus terus dilaksanakan," kata Novanto saat berbincang dengan awak media, Rabu malam.

Novanto menceritakan bahwa Akihito berkisah soal 'diplomasi ikan koi'. Tentang bagaimana Sang Kaisar mengawinkan ikan mas pemberian Presiden ke-2 RI, Soeharto, di Jepang dengan ikan koi. Hasil persilangan itu kini masih dikembangbiakan bibitnya.

Hubungan Indonesia dan Jepang diharapkan seperti itu. Semakin berkembang dan tak lekang oleh waktu. "Usaha Indonesia-Jepang bisa seperti ikan-ikan itu," ucapnya.

Pertemuan singkat itu hanya berlangsung selama 20 menit. Mungkin pertemuan ini lebih bersifat simbolik, namun makna di baliknya soal hubungan Indonesia-Jepang diharapkan bisa ditanamkan di banyak sektor.

disadur dari detik