Ketua KPK Sebutkan Koruptor Terbanyak Indonesia Ada di DPR

Ketua KPK Sebutkan Koruptor Terbanyak Indonesia Ada di DPR

WinNetNews.com-Ketua KPK, Agus Rahardjo, sebutkan, tindak korupsi paling banyak di Indonesia dilakukan oleh anggota DPR berjumlah sebanyak 96 orang. Lalu disusul pihak kementerian dan kepala lembaga sebanyak 23 orang, Gubernur 16 orang, dan Kepala daerah setingkat Walikota atau Bupati sekitar 49 orang.

"Lembaga paling korup yang ada di Indonesia adalah Parlemen, polisi, penegak hukum, dan parpol," ujar Agus, Sabtu (2/4), ketika mengunjungi Surabaya, Jawa Timur.

Agus mengatakan, di era ini, untuk mengungkap kasus korupsi, KPK bakal melakukan strategi pemberantasan korupsi melalui tiga hal, yakni dengan cara represi, perbaikan sistem, dan mengajak masyarakat lewat edukasi dan sosialisasi memperkenalkan sistem pada masyarakat.

Sementara, ketika dikonfirmasi mengenai kasus rumah sakit pendidikan di Unair yang libatkan mantan rektor Unair Fasich dan Ketua Kadin Jatim, La Nyalla Mattaliti, Agus jelaskan bahwa KPK bakal melakukan supervisi kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Timur terkait penanganan kasus Kadin Jatim yang tetapkan La Nyalla menjadi tersangka.

"Pada saat yang sama, KPK juga akan tetap meneruskan kasus-kasus lain yang melibatkan La Nyalla, seperti kasus Rumah Sakit Unair itu," jelas Agus.

Sumber&foto:jitunews.com