Ketua MPR: Jalur Independen Tak Ada Kaitannya dengan Deparpolisasi

Ketua MPR: Jalur Independen Tak Ada Kaitannya dengan Deparpolisasi

Selasa, 15 Mar 2016 | 04:21 | Rusmanto
WinNetNews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang maju ke Pilgub DKI 2017 melalui jalur independen dinilai tidak ada kaitannya dengan deparpolisasi atau pelemahan peran partai politik. Maju melalui jalur independen memang diperbolehkan berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai, tidak ada kaitannya keputusan Ahok, sapaan akrab Basuki, maju melalui jalur independen dengan isu deparpolisasi. Sebab, UU pun mengakomodirnya.

Namun, ia mengingatkan kepada semua pihak yang memutuskan maju melalui jalur independen agar bisa menghargai keberadaan partai politik. Pasalnya, partai politik merupakan salah satu pilarnya demokrasi.

"Kalau tidak ada partai politik demokrasi itu bagaimana? Jadi kalau orang yang anti partai kan tentu orang itu berarti kan tidak suka kepada demokrasi dong. Kalau tidak, pakai apa? Bagaimana caranya? Kalau tidak ada partai politik gimana caranya?" lanjut Zulkifli.

Terkait keputusan Ahok yang maju melalui jalur independen, Ketua Umum PAN ini tak masalah. Menurut dia, setiap orang berhak menentukan pilihannya untuk maju melalui partai politik atau independen dalam pemilihan kepala daerah.

"Kan yang eggak boleh itu pemilihan presiden. Kalau presiden harus melalui partai politik, UUD itu. Kalau bupati, gubernur, wali kota boleh," tandas Zulkifli.

disadur dari situs detik-news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...