Ketua PWNU Jatim Duga Aksi Demo Mahasiswa Ditunggangi Asing

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Ketua PWNU Jatim Duga Aksi Demo Mahasiswa Ditunggangi Asing Marzuki Mustamar (foto: Suara Merdeka)

Winnetnews.com - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) Marzuki Mustamar, menyatakan kecurigaannya bahwa aksi demonstarasi besar-besaran yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan produk ideologi asing. Hal itu ditengarai oleh adanya yel-yel ‘revolusi’ yang diteriakkan oleh banyak mahasiswa selama demo berlangsung.

“Awalnya mereka kan meolak RUU, tapi caranya membabi buta sampai keluar yel-yel ‘revolusi’. Kan itu kelihatan sekali ditunggangi oleh pihak asing,” ungkap Marzuki, dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (25/09).

Ia dengan tegas meminta para pengunjuk rasa untuk tidak terjangkit ideologi asing. Mahasiswa harus secara sungguh-sungguh menyuarakan aspirasinya.

“Mahasiswa jangan sampai ditunggangi, apalagi dibayar. Mahasiswa harus mandiri. Ingat kamu itu dibayari orangtuamu, jangan sampai disisipi ideologi tertentu,” ujar Marzuki, dikutip dari iNews.id.

Marzuki berpendapat jika persoalan hukum harus ditangani dengan baik. Ia setuju jika proses penegakkan hukum dilakukan secara profesional, termasuk dalam hal memerangi korupsi.

“Kita tidak tahu ideologi tertentu yang menyelinap dan bisa saja itu merusak bangsa. Ideologi seperti ini biasanya disusupkan saat terjadi kegentingan politik seperti ini. Mumpung laku,” celetuknya kemudian.

Untuk mewujudkan tata hukum yang lebih baik, Marzuki menghimbau kepada seluruh mahasiswa untuk mengedepankan semangat kebanggaan dan nasionalisme, bukan dengan cara yang politis.

“Kalau kaitannya dengan korupsi, mari kita kerjakan bersama-sama. NU juga turut hadir dalam agenda ini. Tapi jangan sampai kita kedatangan penumpang gelap di sini. Ujung-ujungnya akan ada kejadian model pilpres kemarin,” pungkasnya.

Apa Reaksi Kamu?