(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Keuangan Aman, Bulan Madu Lancar

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Keuangan Aman, Bulan Madu Lancar

Wingamers – Acara bulan madu menjadi agenda wajib setelah pesta pernikahan berlangsung. Tak sedikit waktu, tenaga, pikiran, dan materi yang dikeluarkan untuk mempersiapkan momentum indah tersebut.

Bagi yang berniat ke luar negeri, berduaan di tengah cuaca bersalju sembari minum kopi hangat dapat menjadi momen yang tak terlupakan. Belum lagi, nyamannya kamar hotel membuat pasangan yang tengah berbulan madu merasa dunia hanya milik berdua. Layaknya travelling biasa, bulan madu biasanya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untuk pasangan yang tengah mempersiapkan acara pernikahan sekaligus bulan madu, tentu membutuhkan biaya cukup banyak agar dapat merealisasikan keduanya.

Melansir laman bisnis, Prita Hapsari Ghozie, dari PT Zapfindo Arzieta Perdana (ZAP Finance) mengatakan jangan sampai bulan madu seakan dipaksakan demi mengejar gengsi dan bisa memamerkannya lewat media sosial. Dan, jangan pula pergi berbulan dengan berutang.

Selain tidak berutang, agar bulan madu lancar, mereka yang ingin bulan madu setidaknya harus memiliki dana yang cukup. Mengumpulkan dana bulan madu dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 bulan sebelum waktu keberangkatan. Dalam mengumpulkan dana untuk bulan madu, sebaiknya tidak lebih dari 2,5%-5% dari penghasilan.

Karena jangka waktu yang pendek, yaitu rata-rata di bawah 12 bulan, dana berbulan madu dapat dikumpulkan melalui tabungan berjangka atau reksa dana pasar uang. Namun, apabila pasangan tidak mempunyai cukup banyak waktu untuk menabung, bisa mendapatkan dana tambahan dari amplop acara pernikahan.

Bulan madu dapat mengganggu keuangan pasangan jika tidak direncanakan dengan baik, sehingga harus berutang. Pastikan berbulan madu tidak menggunakan dana utang apalagi dari kartu kredit dan pinjaman tanpa agunan.

Keuangan juga akan terganggu apabila pasangan menjalani bulan madu dengan mengeluarkan biaya yang lewat dari anggaran yang sudah ditetapkan.

Hal yang perlu diingat, bulan madu bukanlah sesuatu yang wajib. Apabila tidak mempunyai dana cukup, tidak ada salahnya menginap di hotel yang berada di kota tempat tinggal, sehingga tetap bisa memperoleh momen istimewa selain pesta pernikahan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});