Keunggulan Teknologi Unicam Honda

Keunggulan  Teknologi Unicam Honda

Jakarta - DOHC dan SOHC adalah Istilah yang tentu sudah tidak asing lagi bagi Para pecinta sepeda motor. DOHC yaitu singkatan dari Double Overhead Camshaft, yang berarti mesin memiliki dua batang noken as (camshaft). Sistem DOHC punya kelebihan membuat putaran mesin menjadi lebih tinggi.

Sementara mesin Single Over Head Camshaft (SOHC) hanya punya satu batang noken as. Mesin SOHC memiliki torsi lebih baik pada putaran mesin rendah, karena bobotnya lebih ringan. Sebaliknya, mesin DOHC menghasilkan torsi lebih rendah, karena bobotnya lebih berat. Namun pada kecepatan tinggi, torsi mesin DOHC akan lebih baik. Dilansir dari Welovehonda, Jumat 25 September 2015.

Ada satu lagi jenis noken as dari Honda yang mungkin belum Anda ketahui, yaitu Unicam. Bisa dibilang teknologi ini berada di antara SOHC dan DOHC.

Mesin Honda Unicam menggunakan empat katup, namun menggunakan prinsip SOHC. Teknologi ini merupakan salah satu mahakarya insinyur mesin Honda. Sistem Unicam merupakan mekanisme buka-tutup klep unik, yang menjadi ciri khas special engine Honda.

Menggunakan satu noken as layaknya mesin SOHC, tapi memiliki tiga atau empat tonjolan, sehingga bisa berfungsi layaknya mesin DOHC. Unicam memiliki semua kelebihan SOHC dan DOHC, namun tidak memiliki kekurangan dari keduanya.

Meski ada mesin SOHC yang dilengkapi dengan empat katup, namun mesin tersebut belum tentu mengusung teknologi Unicam. Noken as Unicam cukup unik, karena memiliki minimal tiga tonjolan.

Mesin Unicam mempunyai keuntungan gesekan yang lebih kecil, layaknya mesin SOHC. Keuntungan lain adalah konstruksi kepala silinder yang lebih ringkas. Oleh karena itu, teknologi Unicam biasanya diaplikasikan ke motor-motor trail atau enduro, seperti CRFseries.