Keyakinan Trump Soal Iran Tak Punya Senjata Nuklir
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. [Foto: Ebony.com]

Keyakinan Trump Soal Iran Tak Punya Senjata Nuklir

Selasa, 7 Jan 2020 | 17:09 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meyakini Iran tidak mempunyai dan tidak akan diizinkan untuk memiliki senjata nuklir.

Pernyataan tersebut ia sampaikan di tengah meningkatnya ketegangan hubungan antara negaranya dengan Iran, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (7/1).

Peningkatan ketegangan dipicu oleh pembunuhan yang dilakukan tentara AS terhadap Qassem Soleimani, Kepala Pasukan Pengawal Revolusi Iran.

Menggunakan huruf kapital, Trump berkicau melalui akun twitternya.

"IRAN TIDAK AKAN PERNAH MEMILIKI SENJATA NUKLIR!" katanya seperti dikutip dari AFP, Selasa (7/1).

Tweet itu muncul sehari setelah Teheran mengumumkan bahwa pihaknya semakin mengurangi ketaatan mereka atas kesepakatan nuklir internasional.

Sebelumnya, AS di bawah kepemimpinan Trump juga telah menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 yang dinegosiasikan pendahulunya Barrack Obama.

Tahun lalu, bahkan Iran melanjutkan pengayaan uranium, melaporkan peningkatan produksi sepuluh kali lipat.

Ketegangan antara AS-Iran melonjak setelah serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad menewaskan Qasem Soleimani, kepala Pasukan Pengawal Revolusi Iran.

Atas pembunuhan tersebut, Iran telah mengeluarkan ancaman; akan membalas pembunuhan tersebut.

Ancaman tersebut dibalas Trump. Ia memperingatkan bahwa AS akan menyerang  52 target di Iran jika republik Islam itu menyerang personel atau aset AS. [cnn]

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...