KH Ma'ruf Amin Jelaskan Kenapa Dirinya "Membisu" di Debat Pilpres

Daniel
Daniel

KH Ma'ruf Amin Jelaskan Kenapa Dirinya "Membisu" di Debat Pilpres Foto: Bagus Indahono/EFE

Winnetnews.com - Salah satu yang jadi perhatian dari debat pilpres semalam adalah pasifnya KH Ma’ruf Amin di podium debat. Sepanjang sesi debat, hanya beberapa kali saja Ma’ruf Amin mengutarakan pendapatnya. Akan tetapi semua itu bukan tanpa alasan.

Pada debat yang dilangsungkan di Hotel Bidakara tersebut, Joko Widodo sebagai calon presiden nomor urut 01 memang jauh lebih dominan. Setiap gagasan dan ide lebih banyak diutarakan oleh Jokowi ketimbang Ma’ruf Amin.

Debat itu kan pertama lebih ke presiden. Dia harus lebih dominan, saya hanya menambahkan saja,” kata Ma’ruf Amin, seperti dilansir dari Antara, Jumat (18/1/2019).

Menurutnya ia tidak mau nantinya pendapat dirinya dengan Jokowi menjadi tumpang tindih. Karena hal itu berpotensi merusak substansi dari penyampaian maksud yang sebenarnya. Pada debat tersebut Ma’ruf Amin baru memberikan argumen panjang ketika sesi yang membahas mengenai terorisme.

Kalau sudah dijelaskan oleh presiden, ya saya tinggal menyetujui, mendukung. Jangan seperti orang balapan ngomong,” tambahnya.

Pada debat kedua nanti hanya akan ada capres dari masing-masing paslon. Baru pada debat edisi ketiga, KH Ma'ruf Amin akan seorang diri melawan wakil dari paslon nomor urut 02 Sandiaga Uno. Materi pada debat pilpres edisi kedua yakni seputar energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Sementara untuk debat edisi ketiga akan mengangkat isu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

 

Apa Reaksi Kamu?