Khawatir Kena Paparan Radiasi Nuklir, Fans Desak SM Batalkan Konser EXO di Miyagi Jepang

Nisa Diniah
Nisa Diniah

Khawatir Kena Paparan Radiasi Nuklir, Fans Desak SM Batalkan Konser EXO di Miyagi Jepang Foto: Allkpop

Winnetnews.com -  EXO-L (sebutan Penggemar EXO) di media sosial mendesak SM Entertainment untuk mempertimbangkan kembali gelaran tur konser EXO di Jepang tahun 2019. Penggemar dan netizen sangat marah setelah SM Entertainment mengungkapkan lokasi konser EXO mendatang di Jepang bertajuk “EXO PLANET # 5 – ExplOration”.

Pada 22 Juli, sebuah pengumuman diposting di situs web fanclub resmi EXO yang memberi tahu bahwa mereka akan mulai menerima tiket pada tanggal 15 dan bahwa konser tersebut diperkirakan akan diadakan pada bulan Oktober.

Menurut pengumuman tersebut, EXO akan tampil di Marine Messe di Fukuoka dari 11-13 Oktober, Balai Kastil Osaka dari 18-19 Oktober, Arena Yokohama dari 22-23 Oktober dan Arena Super Arena Miyagi Sekisui Heim dari 20-21 Desember 2019 sebagai bagian dari bagian Jepang dari tur mereka.

Tetapi, setelah informasi itu diungkapkan, penggemar menjadi geram. Ini karena Arena Super Sekisui Heim hanya berjarak sekitar 130 km yang berasal dari bencana nuklir Fukushima Daiichi tahun 2011. Miyagi diinformasikan hanya berjarak 1 jam 30 menit perjalanan dari Fukushima.

Penggemar bahkan lebih khawatir karena Prefektur Miyagi mencatat tingkat paparan radiasi tertinggi kedua setelah Prefektur Fukushima. Penggemar ramai mempopulerkan tagar #SM_ 엑소 _ 미야기 _ 취소 (#SM_Cancel_EXO_MiyagiConcert) di Twitter. Para penggemar dan netizen bersikeras bahwa konser EXO di Miyagi harus dibatalkan karena akan membahayakan kesehatan para member EXO.

"Miyagi tepat di bawah Fukushima, tapi akan ada tiga hari pertunjukan konser?" ujar salah satu penggemar EXO di Korea. Dia juga membeberkan fakta tentang tingkat radiasi di kawasan itu. "Itu adalah daerah di mana ada begitu banyak radioaktif sehingga ada evakuasi dan migrasi wajib, dan mengadakan konser di wilayah itu adalah tindakan yang tidak memiliki akal sehat. Aku memohon padamu untuk memikirkannya dan menyusun rencana,” lanjutnya.

"Itu adalah peringkat radiasi tertinggi kedua di seluruh negeri. Ini benar-benar berbahaya. Orang-orang terpaksa meninggalkan daerah itu, kita harus menghentikan [SM Entertainment] bahkan jika kita harus protes," tulis penggemar lainnya. Dia juga mengungkap daftar tingkat radioaktif di Jepang saat ini di mana Miyagi terlihat tepat di bawah Fukushima di posisi kedua.

Sementara itu, SM Entertainment belum merilis pernyataan resmi tentang sikap mereka pada jadwal konser EXO di Miyagi Jepang.

Apa Reaksi Kamu?