Kim Jong Un Pimpin Uji Coba Proyektil Rudal ‘Raksasa’

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Kim Jong Un Pimpin Uji Coba Proyektil Rudal ‘Raksasa’ Kim Jong Un (sumber: NECN.com)

Winnetnews.com - Beberapa hari lalu, Korea Selatan mengaku mendeteksi adanya peluncuran dua proyektil yang tidak teridentifikasi. Setelah dilakukan pencarian, Korea Utara mengaku tengah melakukan uji coba pelontar roket ‘raksasa’ yang digawangi langsung oleh Kim Jong Un.

Kantor berita propaganda milik Korea Utara, KCNA, membenarkan bahwa Kim Jong Un memberikan ijin untuk peluncuran pelontar roket ‘raksasa’ tersebut.

Berdasarkan keterangan dari KCNA, roket ‘raksasa’ ini sebelumnya sudah pernah diuji coba pada latihan militer sekiat dua pekan lalu. Dalam latihan militer ini, Kim Jong Un juga hadir untuk memantau.

Dilansir dari CNN Indonesia, sebelumnya Kepala Staf Gabungan Korea Seltan melaporkan Korea Utara meluncurkam proyektil roket ‘raksasa’ tersebut dari Provinsi Pyongyang Selatan ke arah timur pada Selasa (10/09). Peluncuran itu dilakukan sehari setelah Pyongyang menyatakan ingin melakukan rundingan ulang dengan Amerika Serikat.

Roket ‘raksasa’ ini bisa dikatakan proyektil kedelapan yang diluncurkan oleh Korea Utara seletah Kim Jong Un sepakat untuk melakukan perundingan denuklirisasi saat bertemu dengan Donald Trump di perbatasan Korea Selatan pada Juni lalu.

Korea Utara mengancam akan terus melakukan uji coba rudal dan proyektil jika Amerika Serikat dan Korea Selatan terus melakukan latihan militer gabungan.

Apa Reaksi Kamu?