Kisah Musisi yang Menjual Dirinya Pada Setan di Crossroad

Oky
Oky
Rabu, 11 Juli 2018 16:00 WIB
Oleh Oky pada Rabu, 11 Juli 2018 16:00 WIB
Image Kisah Musisi yang Menjual Dirinya Pada Setan di Crossroad
Sumber : Istimewa

Winnetnews.com -

Mitos Crossroads

Dikesunyian malam seorang pemuda dengan gitar ditangannya tampak gelisah menunggu seseorang di crossroads. Tekadnya yang kuat untuk menjadi musisi Blues terhebat telah mengurangi rasa takutnya. Lewat tengah malam seorang pria berbadan besar berjalan kearahnya, mengambil gitar sipemuda itu, menyetem dan memainkan beberapa lagu yang belum pernah dimainkan siapapun lalu mengembalikan gitarnya kemudian menghilang dalam kegelapan malam. Konon pria berbadan besar itu adalah setan Crossroads. Pemuda itu merelakan dirinya jadi tumbal  dan sang Setan membantu mewujudkan mimpinya jadi musisi terkenal. Kisah ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya, tapi mitos Crossroads bagaikan kisah nyata yang jadi legenda dikalangan musisi Blues dan Rock.

Kisah Robert Johnson

image0

Sebagian orang  percaya kisah mistis crossroads dan pemuda yang diduga menjual jiwanya pada setan itu adalah Robert Leroy Johnson lahir 8 May, 1911 di Hazlehurz,Mississipi. Kala Robert remaja, ada seorang gitaris dan penyanyi blues bernama Son House, kemanapun dia pergi Johson selalu ikut dan berusaha bermain gitar sebaik Son House tapi gagal karena Robert pemain gitar yang buruk. Suatu saat Robert menghilang selama 6 bulan dan ketika dia kembali kekotanya, Son House terkejut dengan kemampuan bermain gitar Robert yang meningkat drastis dan membuatnya kagum. Son House menganggap itu sebagai keajaiban.

Sejak itu timbul gossip Robert menjual jiwa pada setan apalagi ada beberapa lagunya yang seolah mencerminkan pemujaan dan pengorbanan terhadap setan. Tapi ada juga yang mengatakan dia belajar gitar pada Isaiah Zimerman seorang gitaris handal zaman itu. Karir Johson mulai menanjak, dia sering konser diberbagai kota dan sempat membuat album rekaman.  Sayang karirnya tergolong singkat tgl 16 Agustus 1938 dia meninggal diusia 27 tahun penyebab kematiannya tidak diketahui. Karya Robert Johnson dinilai sebagai masterpiece dan mempengaruhi banyak musisi Rock dan Blues. Eric Clapton menyebutnya sebagai musisi blues terhebat yang pernah ada. Tahun 2008 majalah Rolling Stone menempatkan dia diposisi kelima dari 100 gitaris terhebat sepanjang masa.

Dimana Crossroads berada?

 

Sebelum gossip tentang Robert Johnson menjual jiwa pada setan, ada seorang musisi Blues legendaries lainnya bernama Tommy Johnson (lahir tahun 1896) Walaupun Tommy tidak setenar Robert Johnson tapi dia adalah salah seorang gitaris Blues hebat dimasanya dia sering bermain gitar dengan tehnik tinggi diselingi gaya akrobatik yang sulit ditiru gitaris lain. Masyarakat kulit hitam masa itupercaya Tommy menjual jiwanya pada setan karena dia pernah berkata

"If you want to learn how to make songs yourself, you take your guitar and you go to where the road crosses that way, where a crossroads is. Get there be sure to get there just a little ' fore 12 that night so you know you'll be there. You have your guitar and be playing a piece there by yourself...A big black man will walk up there and take your guitar and he'll tune it. And then he'll play a piece and hand it back to you. That's the way I learned to play anything I want." - Tommy Johnson-

Hingga saat ini tidak ada yang bisa memastikan dimana tepatnya posisi Crossroads yang dimaksud dalam legenda itu. Sebagian masyarakat percaya Crossroads ada di Clarksdale dimana jalan 61 dan 49 bersimpangan.

image1

Tapi Eric Clapton musisi terkenal, mengatakan bahwa Crossroads yang dimaksud ada di  Rosedale, MS, dimana jalan raya 1 dan 8 bersimpangan.

Sebagian masyarakat di Mississipi yakin bahwa crossroads yang dimaksud diujung jalan raya 82 sekitar Bamboo road dimana ada persimpangan jalanyang masih berupa tanah dan ada pohon apel tak berbuah dekat situ.

image2

Hingga kini posisi pasti dimana Johson bertemu 'Setan Blues' tetap jadi misteri. Menurut kepercayaan masyarakat kulit hitam zaman itu, ada sosok bernama Diety Esu yang dikenal sebagai penjaga/penunggu crossroads.

image3

Sebagian masyarakat yang tidak percaya mitos itu dan berpendapat bahwa mitos itu dibuat untuk promosi sang musisi saja biar terkenal karena konon skill permainan gitar para gitaris itu memang hebat walaupun tanpa menjual jiwanya.

Cara Move On dari Mantan Pacar
Serangan Udara di Suriah Tewaskan 7 Warga Sipil

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.