(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

KJP Plus Akan Dicabut Jika Biaya Jajan dan Ongkos Disalahgunakan

Oky
Oky

KJP Plus Akan Dicabut Jika Biaya Jajan dan Ongkos Disalahgunakan Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Bagi pelajar yang memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus kini bisa menarik uang tunai sebesar Rp 100.000 setiap bulannya.

Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengatakan tujuan dibuatnya KJP Plus ini untuk memenuhi kebutuhan para siswa yang tidak bisa dilakukan dengan transaksi non-tunai.

"Transaksi non tunai seperti uang saku siswa untuk jajan di sekolah, toko ataupun warung yang tidak menggunakan mesin EDC," ujar Sandi di Balai Kota, Selasa (3/7/2018).

Selain itu Sandi menilai bentuk uang tunai sangat diperlukan untuk siswa yang menggunakan angkutan umum dan mengharuskan pembayaran dengan tunai.

"Digunakan untuk ongkos ke sekolah karena banyak jalur menuju sekolah yang belum ataupun tidak dapat dilalui oleh Transjakarta sehingga diperlukan penggunaan uang tunai," katanya.

Dalam hal pengawasan penggunaan uang KJP Plus ini, Sandi mempercayai kepada semua pihak baik dari pemilik kartu, orang tua, sekolah maupun masyarakat umum.

Hal tersebut telah diatur pada pergub 04 tahun 2018 pasal 32 mengenai larangan penyalahgunaan uang KJP Plus serta pasal 30 tentang peran serta masyarakat agar terbangun kesadaran orangtua ataupun siswa untuk menggunakan dana KJP Plus sesuai dengan peruntukannya.

"Peserta didik yang penerima KJP Plus dilarang membelanjakan diluar penggunaan yang telah diatur dalam Pergub," ucapnya.

Peran serta masyarakat juga sangat diperlukan didalam mensukseskan program KJP Plus ini.

Sandi berpesan apabila ditemukan penyalahgunaan dana, masyarakat dapat melaporkan hal tersebut ke kanal-kanal pengaduan dan akan mendapat hukuman berupa pencabutan hak kepemilikan kartu.

"Apabila ditemukan penyalahgunaan, penerima KJP Plus dapat diberikan sanksi diberhentikan sebagai penerima KJP Plus," ucapnya.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});