Kok Bisa !!! Burung-Burung Ini Bersayap Tapi Nggak Bisa Terbang

Muchdi

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Kok Bisa !!! Burung-Burung Ini Bersayap Tapi Nggak Bisa Terbang
ilustrasi

WinNetNews.com -  Burung ialah jenis binatang yang punya sayap. Anggapan mayorits orang, sayap adalah organ yang biasa dipakai terbang. Buktinya, beberapa karya seni seperti lagu dan puisi juga menganalogikan sayap sebagai simbol terbang bebas.

Asumsi ini yang membuat banyak orang berpikir bahwa semua jenis burung pasti bisa terbang. Namun tunggu dulu, ternyata nggak semua burung bisa terbang lho. Ada burung yang hanya bisa beraktivitas di daratan atau air, tidak di udara. Nah yuk simak burung yang punya sayap tapi tidak bisa terbang, dikutip dari situs Brilio dari laman Britannica, ditulis Kamis (21/12/2017).

- Burung Kasuari

image0

Burung yang berhabitat di Papua ini juga tidak bisa terbang. Ia memiliki badan yang lebih besar dari burung pada umumnya. Walau tidak bisa terbang, kemampuannya di daratan tidak bisa diragukan. Cakarnya sangat mematikan sekali lho.

- Burung Unta

image1

Burung yang satu ini ukurannya sangat besar dibanding burung lain. Yang membuat ia berbeda dari burung lain yakni tidak bisa terbang. Walau demikian, kemampuan berlari burung ini tidak bisa diragukan. Burung unta dapat berlari 45 km/jam lho.

- Pinguin

image2

Hewan yang hidup di laut dan daratan ini masuk jenis burung. Walau demikian, dari 18 spesies pinguin tidak ada satu pun pinguin yang bisa terbang. Pinguin justru ahli menyelam dan berenang daripada terbang.

- Bebek Steamer

image3

Beberapa jenis bebek bisa terbang. Namun bebek yang satu ini hanya bisa berenang. Bebek dari Amerika Selatan ini justru menggunakan sayapnya untuk berenang melintasi air.

 

- Burung Weka

image4

Burung yang berasal dari Australia ini sekilas tampak seperti ayam. Burung yang berwarna cokelat gelap ini sama seperti burung lain, yakni memiliki sayap. Sayangnya burung ini hanya bisa berjalan dan tidak bisa terbang.

- Burung Kakak Tua

image5

Mungkin sudah nasib burung kakak tua hinggap di jendela dan tidak bisa terbang. Burung ini sebenarnya memiliki sayap laiknya burung lain, namun tidak bisa digunakan untuk terbang. Walau demikian burung ini punya keahlian yang tidak bisa dilakukan burung lain yakni menirukan suara.

- Burung Takahe

image6

Burung berwarna indah ini tidak bisa terbang seperti burung pada umunya. Hidup di daratan dan semak-semak, burung ini jago bersembunyi. Itulah kenapa burung ini susah dijumpai.

- Burung Kiwi

image7

Burung mungil berwarna coklat ini hanya bisa berjalan di semak-semak dan tidak bisa terbang. Ia berjalan sambil mengendus tanah dengan lubang hidunganya yang terletak di ujung paruh.

 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...