Kok Bisa…Rajin Olahraga Berat Badan Naik? Ini Alasannya

Muchdi
Muchdi

Kok Bisa…Rajin Olahraga Berat Badan Naik? Ini Alasannya Ilustrasi Olahraga ( Photo iStock )

Winnetnews.com -  Selain diet sehat, olahraga menjadi salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, hal itu tak berlaku sama pada semua orang. Beberapa tetap mengalami berat badan yang naik meski telah rutin berolahraga.

Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah. Meski telah mengubah pola makan dan getol berolahraga, sering kali berat badan ideal tak kunjung tercapai.

Wajar saja. Pasalnya, pembakaran lemak yang terjadi saat berolahraga dapat menstimulasi pertumbuhan otot. Hal itu membuat massa otot dalam tubuh akan lebih besar daripada lemak.

Di luar hal itu, bisa jadi ada beberapa kesalahan lain dalam rutinitas olahraga dan diet yang Anda lakoni. Berikut mengutip Times of India, deretan kesalahan yang mungkin Anda lakukan.

- Terlalu banyak konsumsi kalori

Makanan sehat seperti sayuran hijau sekalipun tetap mengandung kalori. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka kalori tetap akan menumpuk di dalam tubuh.

Pastikan asupan kalori setiap harinya. Jika merasa kesulitan, gunakan jurnal atau aplikasi di ponsel untuk mempermudah Anda mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi.

- Kebiasaan ngemil

Olahraga akan sia-sia jika Anda tetap gemar mengonsumsi camilan. Beragam camilan mengandung jumlah kalori, lemak, dan gula yang tak sedikit.

-  Kurang menghidrasi tubuh

Tubuh sering kali menyalahartikan rasa haus menjadi lapar. Hal ini membuat Anda akan makan lebih banyak dari yang seharusnya dan membuat berat badan tetap naik meski telah rutin berolahraga.

Jagalah tubuh agar tetap terhidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat menjaga metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak.

Apa Reaksi Kamu?