Kolang-kaling Miliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan, Ini Diantaranya

Rusmanto
Rusmanto

Kolang-kaling Miliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan, Ini Diantaranya ilustrasi
Winnetnews.com - Selain dijadikan campuran untuk minuman es buah atau dibuat manisan, kolang-kaling ternyata bisa dijadikan alternatif makanan sehat. Ya, di balik kesegaran, kekenyalan, kelembutan, dan rasanya yang manis, kolang-kaling  memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Cari tahu berbagai manfaat kolang kaling dalam artikel ini.

Asal-usul kolang-kaling

Kolang-kaling berasal dari biji tanaman aren yang memiliki latin Arenga pinnata. Buah ini banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Di Indonesia, kolang-kaling juga sering disebut sebagai buah atap atau buah aren.

Buah satu ini berwarna putih transparan, berbentuk lonjong, dan bertekstur kenyal. Jika diolah menjadi minuman, kolang-kaling memiliki rasa yang menyegarkan. Sebelum menjadi makanan yang nikmat untuk disantap, kolang-kaling harus melalui serangkaian proses panjang sampai menjadi buah yang biasa kita lihat di pasar.

Untuk membuat kolang-kaling, diperlukan buah aren yang masih setengah matang. Biasanya buah aren yang setengah matang memiliki kulit buah yang berwarna hijau segar. Setelah itu, buah aren harus dibakar lebih dulu sampai daging buahnya terasa hangus. Hal ini dilakukan agar getah yang menempel di permukaan kulitnya hilang. Getah harus dihilangkan sebab getah aren yang mengenai kulit dapat menyebabkan gatal-gatal. Oleh karena alasan ini jugalah buah aren tidak bisa dikonsumsi secara langsung.

Setelah menjalani proses pembakaran, selanjutnya buah aren harus melalui proses perebusan yang biasanya memakan waktu sekitar 1-2 jam. Setelah direbus, buah aren ditiriskan hingga dingin. Ketika telah dingin, barulah buah aren dikupas satu per satu untuk diambil bijinya. Tak berhenti di situ, biji buah aren lalu digeprek atau dipipihkan agar bentuknya sedikit lebar.

Biji aren yang sudah memipih kemudian dicuci bersih dan langsung direndam dalam air kapur selama beberapa hari atau sampai warnanya berubah menjadi lebih bening. Perendaman ini sendiri bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan membuat biji aren semakin kenyal. Nah, biji yang berwarna bening dan bertekstur kenyal inilah yang kita kenal dengan sebutan kolang-kaling.

Apa Reaksi Kamu?