Koleksi Lukisan Istana Dipamerkan di Galeri Nasional

Rusmanto
Rusmanto

Koleksi Lukisan Istana Dipamerkan di Galeri Nasional
WinNetNews.com - Istana Kepresidenan memiliki banyak koleksi benda-benda seni bersejarah, salah satunya adalah lukisan. Karya-karya anak bangsa berkelas dunia dari masa ke masa itu akan dipamerkan agar masyarakat dapat melihatnya.

"Ini adalah yang pertama kalinya sejak kemerdekaan, lukisan-lukisan di Istana dibawa keluar dan kemudian dipamerkan. Jadi, ini merupakan bentuk penghargaan kepada karya-karya besar kita untuk diketahui, ditelaah, dianalisis, dipelajari, dan menginspirasi bangsa kita secara keseluruhan," kata Mensesneg Pratikno dalam jumpa pers di Gedung Utama Kemensetneg, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2016).

Pameran itu akan digelar di Galeri Nasional, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat mulai 1 hingga 30 Agustus 2016. Pameran tersebut bertajuk "17/71: Goresan Juang Kemerdekaan".

Pameran ini digelar atas kerja sama Kemensetneg, Kemdikbud, Badan Ekonomi Kreatif, dan Mandiri Art. Pemerintah berharap karya-karya seni tersebut menginspirasi masyarakat Indonesia untuk berkarya.

"Istana punya 15.000 item karya seni, tapi yang kita pamerkan di galeri nasional Indonesia adalah 28 lukisan dari 21 pelukis di Istana Kepresidenan," papar Pratikno.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menambahkan, bahwa bangsa Indonesia sejak dahulu adalah bangsa yang kreatif. Sehingga bakat itu harus dihidupkan kembali.

"Kami harap dari sini kita sadari lagi ingatkan ulang bahwa bangsa kita kreatif, karya lukis kreatif. Kita ingatkan kembali bahwa prestasi anak-anak kita bukan saja akademik yang diujikan tapi prestasi kreatif," tutur Anes.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik penyelenggaraan pameran ini. Menurutnya, pameran ini merupakan salah satu wujud pertanggungjawaban Istana Kepresidenan yang mendapat amanah untuk merawat koleksi-koleksi terbaik itu.

"Saya ingin lukisan-lukisan ini akan tetap abadi dan terus menerus bisa disajikan di hadapan publik seluruh dunia," ujar Jokowi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});