Kolesterol Tinggi Belum Tentu Selalu dari Makanan
ilustrasi

Kolesterol Tinggi Belum Tentu Selalu dari Makanan

Selasa, 9 Jul 2019 | 07:58 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Kolesterol tinggi erat kaitannya dengan pola makan tidak sehat.  Faktanya, masalah kesehatan yang bisa berujung terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah ini memang banyak pemicunya. Ketahui dulu secara pasti apa saja penyebab kolesterol tinggi.

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak jahat, makanan bersantan, hingga daging-dagingan memang bisa meningkatkan risiko terkena masalah kolesterol tinggi yang berbahaya. 

Mengingat penyakit ini bisa berujung pada kematian dini, kita pun harus benar-benar menghindarinya.

Masalahnya adalah ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah. Berikut adalah berbagai penyebab kolesterol tinggi selain faktor makanan:

1. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas memang dikenal luas sebagai penyebab utama berbagai macam penyakit kronis yang berbahaya. Selain kolesterol tinggi, cukup banyak kasus diabetes, hipertensi, hingga masalah kardiovaskular lainnya yang ternyata juga bisa disebabkan oleh kondisi ini.

Khusus untuk masalah kelebihan berat badan, hal ini memang bisa saja terkait dengan pola makan yang buruk, khususnya yang tinggi lemak jahat dan kalori sehingga tak hanya membuat berat badan naik, namun juga memicu kelebihan kadar kolesterol jahat yang berbahaya.

Melihat fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga pola makan yang sehat, khususnya dalam hal memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan demi menjaga berat badan tetap ideal demi mencegah masalah kolesterol tinggi. Jika memang berat badan sudah berlebihan, tak ada salahnya menerapkan diet sehat untuk menurunkannya.

2. Kurang olahraga

Gaya hidup masyarakat modern membuat semakin banyak orang yang kurang bergerak. Sebagai contoh, duduk bekerja di depan komputer seharian, menonton televisi dalam waktu yang lama, hingga kebiasaan menggunakan sepeda motor atau kendaran pribadi lainnya membuat kita menjadi lebih jarang berolahraga. Masalahnya adalah hal ini bisa memicu datangnya berbagai macam masalah kesehatan.

Tak hanya berat badan yang naik dengan signifikan, kurang gerak juga akan meningkatkan risiko terkena masalah kolesterol tinggi dengan drastis. Karena alasan inilah sebaiknya kita mulai lebih aktif demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...