(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komandan Senior yang Bermarkas di Al Qaeda Sudah Terbunuh

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Komandan Senior yang Bermarkas di Al Qaeda Sudah Terbunuh Foto: Reuters

WinNetNews.com - Komandan senior di al Shabaab, gerilyawan pemberontak Somalia yang bermarkas di Al Qaeda, tewas bulan lalu dalam serangan udara AS, kata kelompok tersebut pada sebuah pernyataan online.

Somalia mengatakan pada saat tentara militer dan sekutunya telah membunuh orang yang diidentifikasi sebagai Ali Mohamed Hussein atau Ali Jabal, yang diyakini bertanggung jawab atas beberapa pemboman.

Itu tidak mengungkapkan kewarganegaraan tentara asing, namun tentara Amerika di masa lalu turut ambil bagian dalam serangan semacam itu.

"Pesawat musuh Amerika yang pengecut mencoba menyerangnya. Yang pertama merindukannya dan serangan kedua, membuatnya menjadi martir, "kata pernyataan al Qaeda yang beredar di media sosial.

Somalia mengatakan bulan lalu bahwa kematian Ali Jabal akan mengurangi kemampuan al Shabaab untuk melakukan tindakan kekerasan yang tidak masuk akal terhadap rakyat Somalia, tetangga Afrika Timur, dan masyarakat internasional.

Gerilyawan ini sering melakukan serangan di ibukota Mogadishu saat mereka berusaha untuk menggulingkan pemerintah Somalia yang didukung Barat dan mengusir pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika.

Seperti dikutip dari Hindustantimes, somalia telah berperang sejak 1991, ketika panglima perang berbasis klan menggulingkan diktator Siad Barre dan kemudian saling berpaling.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});